Kumpulan Doa Doa

Bacaan Sholawat Nariyah Arab Latin dan Artinya

Ahmad AlfajriSholawat Nariyah Arab Latin dan Artinya

Bacaan Sholawat Nariyah Arab Latin dan Artinya
Bacaan Sholawat Nariyah Arab Latin dan Artinya

Sholawat adalah permohonan doa dari umat kepada Allah agar memberikan keberkahan dan kemuliaan kepada baginda Nabi Muhammad. Perintah untuk Bersholawat terdapat didalam Alquran Surat Al-Ahzab ayat 56.

Jika mau doa cepat dikabulkan oleh Allah, maka ucapkanlah sholawat sebanyak banyaknya kepada Nabi sebelum membaca doa.

Sholawat adalah salah satu bukti rasa cinta seorang hamba kepada Nabi Muhammad. Jika bersholawat masih agak malas malasan, itu pertanda bahwa cinta kepada Nabi masih sangat kurang.

Redaksi Sholawat sangatlah banyak dan beragam, dan sholawat yang paling terkenal adalah Sholawat Nariyah.

Dalam Kitab Khazinatul Asrar pada halaman 179 disebutkan bahwa salah satu Sholawat yang sangat mustajabah adalah Sholawat Tafrijiyah Qurthubiyah. Umat Islam Maroko menyebut Sholawat Tafrijiyah ini dengan Sholawat Nariyah.

Dalam artikel ini, kami akan mensharing beberapa hal penting yang berkaitan dengan Sholawat Nariyah ini.

Sholawat Nariyah Youtube

Almarhum Ust Jefri Al Bukhori membacakan Sholawat Nariyah dengan irama yang sangat bagus. Berikut ini video yang kami ambil dari Youtube.

Sejarah Sholawat Nariyah

Secara Hakikat, berdoa atau bersholawat kepada Nabi adalah berdoa kepada pribadi masing masing. Sebab, Doa tersebut akan kembali kepada individu orang yang bersholawat. Nabi adalah manusia yang telah dijamin oleh Allah.

Jadi, berdoa yang diawali dengan membaca Sholawat kepada Nabi akan sangat cepat dikabulkan oleh Allah. Banyak umat yang tidak tahu dan sadar tentang keistimewaan besholawat kepada Nabi.

Baca Juga :  Doa Lancar Rezeki Dan Usaha Lengkap

Bahkan ada yang bertanya, kenapa kita harus bersholawat kepada Nabi? Kenapa Nabi masih butuh doa dari umat?. Pertanyaan pertanyaan seperti ini adalah sebuah bukti atas ketidak tahuan mereka.

Saat para Sahabat tahu tentang amalan khusus yang dibacakan oleh Syekh Nariyah, Sholawat Nariyah terus menjadi amalan hingga sekarang.

Alangkah baiknya Sholawat Nariyah dibaca sebanayk 4444 kali, sebagaimana amalan Syekh Nariyah yang telah diberikan kemuliaan oleh Allah dengan berkat amalan tersebut.

Bacaan Sholawat Nariyah

Berikut ini merupakan teks atau lirik Arab, latin, dan juga arti bacaan Sholawat Nariyah:

Teks Arab Sholawat Nariyah

Sholawat Nariyah Latin

Allahumma sholli sholaatan kaamilatan wasallim salaaman. Taman ‘ala sayyidina Muhammadi lladzi tanhallu bihil ‘uqodu wa tanfariju bihil kurobu. Wa tuqdhobihil hawaaiju wa tunna lu bihiro ‘ibu wa husnul khotima wa yustaqol ghomawu biwajhihil kariim wa ‘ala aalihi washohbihi fii kulli lamhatin wa hafasim bi’adadi kulli ma’lu mi laka ya robbal ‘aalamiin.

Arti Sholawat Nariyah

Ya Allah Tuhan Kami, limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan yang sempurna atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW. Semoga terurai dengan berkahnya segala macam buhulan dilepaskan dari segala kesusahan, ditunaikan segala macam hajat, tercapai segala keinginan dan khusnul khotimah, dicurahkan rahmat dengan berkah pribadinya yang mulia. Kesejahteraan dan keselamatan yang sempurnah itu semoga Engkau limpahkan juga kepada para keluarga dan sahabatnya setiap kedipan mata dan hembusan nafas, bahkan sebanyak pengetahuan Engkau, Ya Tuhan semesta alam.

Fadhilah atau Keutamaan Sholawat Nariyah

Menurut para ulama, shalawat nariyah mempunyai faedah dan keutamaan bagi siapa saja yang membacanya atau mengamalkannya.

Berikut ini beberapa faedah atau keutamaan sholawat nariyah:

  • Jika dibaca setiap hari sebanyak 11 kali, maka rizki akan turun dari langit dan tumbuh dari bumi. (Syaikh Muhammad at-Tanusi)
  • Jika dibaca setiap selesai shalat sebanyak 11 kali, maka rizkinya tidak akan terputus dan akan memperoleh derajat yang tinggi. (Imam Ad-Dainuri)
  • Jika dibaca setelah sholat subuh sebanyak 41 kali, maka apa yang diinginkannya akan terwujud.
  • JIka dibaca sehari sebanyak 100 kali, maka harapannya akan terwujud, bahkan lebih dari yang diangankannya.
  • Jika dibaca sehari sebanyak 313 kali dengan niat membuka tabir rahasia, maka ia akan melihat segala hal yang menjadi harapan-harapannya.
  • Jika dibaca setiap hari sebanyak 1.000 kali, maka baginya perkara yang tidak bisa dibayangkan oleh siapa pun (mâ lâ ain ra’at wa lâ udzun sami’at wa lâ khathr fi qalb basyar/yang tak terindera mata, tak terdengar telinga, dan tak terbesit di hati manusia).
Baca Juga :  Doa Waqiah Syekh abdul Qodir Jailani

Kemudian di lain kesempatan, Al-Qurthubi, sebagaimana yang juga ditegaskan oleh Ibnu Hajar al-Asqalani, memberikan satu bilangan khusus untuk membaca sholawat nariyah ini, yaitu sebanyak 4.444 kali.

Ketika sholawat nariyah dibaca sebanyak 4444 kali dan disertai dengan tawasul kepada Nabi SAW, maka segala harapan (bahkan yang besar pun) akan terwujud. Juga akan dihindarkan dari seluruh cobaan (bala’). Wallahu a’lam.

Demikian beberapa informasi mengenai keutamaan Sholawat Nariyah. Yang perlu diperhatikan adalah jika semua keinginan kita ingin dikabulkan oleh Allah SWT, maka jangan lupa untuk berusaha dan selalu tawaqal kepada Allah SWT.

Khasiat Sholawat Nariyah

Telah disampaikan oleh Imam Dainuri:

“Barang siapa yang mau membaca sholawat ini sehabis sholat fardhu sebanyak 11 kali sebagai wiridan, maka ia akan mendapatkan kedudukan dan rezeki terbaik”

Selain itu, banyak juga yang mengatakan bahwa dengan banyak membaca sholawat nariyah juga bisa mempecepat dipertemukan dengan jodoh. Cocok diamalakan oleh pemuda atau pemudi yang sedang mencari jodoh.

Hukum Sholawat Nariyah

Hukum Sholawat Nariyah adalah sangat bagus untuk dikerjakan sebab yang namanya sholawat adalah perintah dalam Al Quran kepada umat. Dan tidak satu kalimatpun dalam Sholawat Nariyah yang bertentangan dengan akidah Ahlu Sunnah.

Aneh jika ada yang mengatakan bahwa Hukum Sholawat Nariyah adalah syirik. Bukankah dalam Sholawat Nariyah berdoa kepada Allah, dan Nabi Muhammad merupakan wasilah atau perantara saja. Jadi, Dimana Syiriknya?

Imam Malik, Al-Subki, Imam Nawawi dan banyak ulama lainnya mengatakan bahwa boleh saja berdoa dan berwasilah kepada Nabi dan juga kepada orang orang saleh. Baik saat mereka masih hidup atau saat mereka sudah wafat.

Lihat Semuanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker