Fauna

Jenis Jenis Ikan Koi Terbaik Dan Tercantik

Ahmadalfajri.com Jenis Jenis Ikan Koi Terbaik Dan Tercantik

Jenis Jenis Ikan Koi Terbaik
Jenis Jenis Ikan Koi Terbaik

Dalam Bahasa Latin, Ikan koi disebut dengan Cyprinus carpio L.

Ikan Koi adalah ikan hias yang dikembangkan pertama kali di Negara Jepang.

Hingga sekarang, Ikan Koi menjadi salah satu jenis ikas hias dari air tawar yang paling populer di Dunia.

Sebelum dijadikan sebagai ikan hias, Ikan Koi adalah salah satu jenis ikan konsumsi masyarakat Jepang masa lampau.

Seiring perjalanan waktu, ikan konsumsi tersebut dikembang biakkan dan dikawin silangkan dengan bermacam warna ikan mas (karper) sehingga yang namanya Ikan koi.

Ada banyak ragam dan jenis ikan koi yg bagus. Perbedaan tersebut berdasarkan dari pola warna ikan, sisik dan lain sebagainya.

Hasil dari budi daya ikan koi muncullah ikan koi yang punya beragam dan pola warna.

Pafa akhirnya, ikan koi dijadikan ikan hias dan tidak dikonsumsi lagi.

Macam macam jenis ikan koi

Banyak sekali jenis-jenis ikan koi termahal dan terbaik.

Semuanya diidentifikasi berdasarkan klasifikasi ikan koi.

Dan Dalam masing-masing klasifikasi terdapat beberapa sub kategori yang jenisnya juga sangat banyak.

Klasifikasi ikan koi yang umum terdiri atas:

  • Kawarimono
  • ikan koi Gosanke
  • Matsuba
  • Shiro
  • Hikarimoyo
  • Utsurimono
  • Asagi
  • Goromo
  • Tancho
  • Hikarimono

Pada artikel ini kami akan membahas tentang jenis-Jenis ikan koi termahal dan terbaik berserta dengan gambar ikan koi.

1. Klasifikasi Ikan Koi Tancho

a. Jenis Ikan Koi Tancho Sanke

Ikan koi Tancho Sanke  ini seperti tanco kujaku, tetap coraknya tidak beraturan. Ciri yang menonjol dari jenis ikan koi ini adalah warna merah berbentuk bulat di kepalanya.

b. Jenis Ikan Koi Tancho Kujaku

Jenis  ikan koi Tancho Kujaku mempunyai corak seperti ikan koi asagi pada badannya, corak memenuhi sisik di kedua badannya. Ciri yang menonjol dari jenis ikan koi ini adalah warna merah berbentuk bulat di kepalanya.

c. Jenis Ikan Koi Tancho Goromo

Ikan koi Tancho Goromo adalah jenis ikan koi yang mempunyai pola bulat pada bagian kepala, yang berupa pola Goromo atau anggur.

d. Jenis Ikan Koi Tancho Goshiki

Jenis ikan koi tancho goshiki mempunyai warna putih dengan pola warna merah pada bagian atasnya. Selain itu, bagian kepalanya memiliki warna dasar putih kekuning-kuningan dan ada warna kehitam-hitaman pada bagian punggungnya.

e. Jenis Ikan Koi Tancho Kohaku

Ikan koi Tancho Kohaku adalah jenis ikan koi putih dengan bulatan merah di kepala. Semakin bulat dan tajam maka akan semakin menambah keindahan ikan koi ini.

2. Klasifikasi Ikan Koi Bekko

Klasifikasi Ikan Koi Bekko adalah ikan koi dengan pola warna hitam.

a. Jenis Ikan Koi Aka Bekko

Ikan koi aka bekko merupakan jenis ikan koi yang mempunyai warna dasar merah dengan pola hitam kecil-kecil di atasnya. Warna hitam mempunyai spot yang indah dan menarik.

b. Jenis Ikan Koi Shiro Bekko

Ikan koi shiro bekko mempunyai warna dasar putih dengan pola warna hitam kecil-kecil. Pola hitam (Sumi) pada ikan koi Shiro Bekko harus seimbang dan mempunyai tepi tajam (Kiwa).

Jenis ikan koi Shiro Utsuri dan Shiro Bekko mempunyai kemiripan, karena pola warnanya yang sama.

Perbedaan antara jenis ikan koi Shiro Bekko dan Shiro Utsuri yaitu pada Shiro Utsuri mempunyai pola warna hitam yang lebih besar hitam sedangkan pada Shiro Bekko hanya mempunyai sedikit warna hitam.

c. Jenis Ikan Koi Ki Bekko

Ikan koi ki bekko adalah jenis ikan koi yang mempunyai warna dasar kuning dengan warna hitam diatasnya. Seperti halnya ikan koi Shiro Bekko, namun warna dasarnya kuning cerah.

Pola hitam (Sumi) pada ikan koi Ki Bekko harus seimbang dan mempunyai tepi (Kiwa) tajam. Jenis ikan koi ini sulit untuk didapatkan dibandingkan dengan jenis lainnya.

3. Klasifikasi Ikan Koi Gosanke

Klasifikasi ikan koi Gosanke adalah ikan koi yang paling populer dan banyak ditemukan di kalangan para pecinta ikan koi.

Klasifikasi ikan koi ini adalah kombinasi koi dengan warna hitam, merah dan putih, kecuali Kohaku yang tidak mempunyai unsur warna hitam. Ikan koi yang masuk dalam jenis ini adalah Kohaku, Sanke, dan Showa.

a. Jenis Ikan Koi Showa

Ikan koi Showa mempunyai 3 kombinasi warna di sisiknya yaitu warna merah, hitam dan putih. Ikan koi showa adalah hasil persilangan dari ikan koi Shiro Utsuri dengan Kohaku.

b. Jenis Ikan Koi Kohaku

Ikan koi Kohaku adalah jenis ikan koi yang mempunyai corak warna merah dan putih. Pola merah disebut Hi. Hi harus tebal dengan tepi yang baik. Terdapat berbagai macam perbedaan pola warna ikan koi ini.

Ada yang putus, ada yang besar dan menyapu. Ikan Koi Kohaku terbaik mempunyai pola yang tidak turun melewati mata dan seimbang serta mempunyai warna putih seperti salju dan warna merah gelap.

c. Jenis Ikan Koi Sanke

Ikan koi Sanke memiliki warna yang hampir sama dengan Kohaku yaitu warna merah dan putih. Perbedaan dari kedua jenis ikan koi ini adalah ada warna hitam disepanjang punggung ikan koi Sanke.

Ikan koi Sanke adalah persilangangan ikan koi Kohaku dengan Shiro Bekko. Ikan koi Sanke terbaik adalah koi yang tidak memiliki warna hitam di kepala.

4. Klasifikasi Ikan Koi Utsurimono

Klasifikasi Ikan Koi Utsurimono adalah ikan koi hitam dengan pola berwarna.

a. Jenis Ikan Koi Hi Utsuri

Ikan koi hi utsuri adalah jenis ikan koi yang mempunyai warna hitam dengan pola warna merah atau orange yang  menarik dan unik.

Ikan Koi Hi Utsuri biasanya memiliki warna orange ketika usia muda dan warnanya akan berubah pada saat ikan berusia dewasa.

b. Jenis Ikan Koi Shiro Utsuri

Ikan koi shiro utsuri adalah jenis  ikan koi yang mempunyai warna hitam dan putih. Pola warna pada jenis ikan koi ini sangat menarik dan unik.

Bagian kepala ikan koi Shiro Utsuri terdiri atas warna hitam dan putih, tidak boleh hanya terdiri dari satu warna saja (hitam saja atau putih saja). Berbeda dengan ikan koi shiro bekko, shiro utsuri merupakan ikan koi dengan warna dasar hitam.

c. jenis Ikan Koi Ki Utsuri

Ikan koi ki utsuri mempunyai warna dasar kuning dengan warna hitam di atasnya. Pola warna dan kriteria penilaiannya sama dengan ikan koi shiro utsuri, hanya warna pada Ki Utsuri adalah kuning dan hitam.

5. Klasifikasi Ikan Koi Asagi

a. Jenis Ikan Koi Shusui

Ikan koi shusui adalah jenis ikan koi dari keluarga asagi tetapi  tidak mempunyai sisik. Sisik pada ikan koi shusui hanya terdapat di bagian punggung saja.

Koi shusui memiliki warna dasar putih yang ditutupi dengan warna merah atau orange lebar. Warna sisik idealnya berwarna gelap dan ada sepanjang punggung secara lengkap dan rapi. Koi Shusui mempunyai kesamaan warna seperti Asagi.

Hal yang membedakan antara Shusui dengan Asagi adalah Shusui memiliki pola garis disepanjang punggung, sedangkan Asagi memiliki pola jaring berwarna biru dipunggungnya.

b. Jenis Ikan Koi Asagi

Ikan koi Asagi adalah jenis ikan koi yang telah cukup lama keberadaannya. Ikan koi Asagi adalah koi biru dengan perut berwarna merah, warna merah atau orange akan berkembang seiring dengan bertambahnya usia ikan.

Keindahan koi Asagi terdapat di pola yang utama adalah sisik yang terlihat seperti pola berupa jaring tipis diatas warna dasar indigo. Idealnya Asagi mempunyai kepala yang putih bersih.

Harga Ikan Koi Termahal dan Terbaik

Ikan koi memiliki harga yang berbeda beda tergantung kualitas dan jenisnya.

Ikan koi yang harganya paling mahal di dunia adalah Koi Ginrin showa dari Jepang.

Ukuran panjangnya 76 cm dengan harga 50 ribu poundsterling. Dan harga tersebut ditawarkan pada tahun 1986.

Adapun ikan koi termurah sedunia, harganya hanya berkisar 1000 hingga 2000 rupiah saja.

Ukurannya hanya 3-5 cm dan banyak ditemukan di peternakan ikan koi di Indonesia.

Demikian saja artikel kami tentang jenis jenis ikan koi dan harganya. Semoga bermanfaat dan Terima Kasih.

Lihat Semuanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker