Kumpulan Doa Doa

Kumpulan Doa Doa Musibah Kematian Lengkap

Ahmad Alfajri – Kumpulan Doa Doa Musibah Kematian Lengkap

Kumpulan Doa Doa yang berkaitan dengan kematian
Kumpulan Doa Doa yang berkaitan dengan musibah kematian

Salah satu kewajiban bagi umat Islam adalah bersabar saat ditimpa cobaan dan musibah. Dan Salah satu bentuk musibah adalah meninggalkan salah seorang anggota keluarga yang sangat kita sayangi. Tidak mampu bersabar berarti tidak terima dengan takdir dan kehendak tuhan.

Di antara tanda seorang mukmin mampu bersabar dalam menghadapi musibah adalah keluar dari lisannya ungkapan doa. Ungkapan Doa ini disebutkan dalam Surat al-Baqarah ayat 155 – 157.

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِّنَ الْخَوفْ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِّنَ الأَمَوَالِ وَالأنفُسِ وَالثَّمَرَاتِ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ * الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُم مُّصِيبَةٌ قَالُواْ إِنَّا لِلّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعونَ *

Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun”.

Tanda seorang mukmin yang mampu menghadapi cobaaan dan musibah adalah yang mengucap Inna Lillahi. Sebuah ungkapan yang terkandung makna doa dan pasrah bahwa semua semua pasti akan kembali pada Allah. Hari ini anggota keluarga, mungkin nanti kita.

Pada artikel kali ini kami akan mensharing kumpulan doa doa yang berkaitan dengan musibah kematian.

Kumpulan doa doa Musibah Kematian Lengkap

Kumpulan Doa Doa musibah Kematian secara lengkap. Kumpulan doa doa ini kami tulis secara sistematis. Dimulai saat melihat atau mendengar ada orang yang meninggal, doa takziyah, doa ziarah kubur hingga doa untuk keluarga duka. Doa-doa tersebut berasal dari berbagai sumber dan referensi, khususnya Hadis Nabi.

Bacaan Doa Saat Ditimpa Musibah Kematian

Setiap yang bernyawa pasti merasakan mati. Selain Allah, Tidak ada yang tau kapan ajal itu ditetapkan. Saat ada anggota keluarga yang meninggal dunia ada khusus yang harus dibaca. Doa saat ditimpa musibah kematian:

إنَّا ِللهِ وإنَّا إلَيْهِ رَاجِعُوْن * الَلهُمَّ عِنْدَكَ أَحْتَسِبُ مُصِيْبَتي فَأجِرْنِي ِفيها وَأَبْدِلْني ِمنْها خَيرًا

Sesungguhnya kami milik Allah dan kepadaNya kami kembali. Ya Allah aku pasrah padaMu atas musibah ini, maka berilah aku pahala dan gantilah dengan yang lebih baik.

Teks tulisan latin:

Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Allahumma ‘indaka ahtasibu musibati fa ajirni fiha wa abdilni minha khaira

Doa Saat mendengar atau melihat orang meninggal

Biasanya, selalu ada pengumuman di Masjid atau Mushalla jika ada anggota masyarakat yang meninggal dunia. Doa yang kita bacakan saat mendengar informasi meninggalnya seseorang adalah:

إنَّا ِللهِ وإنَّا إلَيْهِ رَاجِعُوْن * وَإِنَّا إليَ رَبِّنِا َلمُنْقَلِبُون * الَلهُمَّ اكْتُبْهُ عِنْدَكَ ِفي اُلمحِسنِينِ * وِاجْعَلْ ِكتابَهُ ِفي ِعلّيِّين * وَاْخلُفْهُ في أَهْلِهِ في الغَابِرين * وَلا تحَرِْمْنا أَجْرَهُ وَلاَ تَفْتِنَّا بَعْدَهُ

Sesungguhnya kami milik Allah dan kepadaNya kami akan kembali * Dan kepada Tuhan, kami semua akan kembali * Ya Allah! Catatlah si mayit termasuk golongan orang-orang yang berbuat kebaikan di sisi Engkau * dan jadikanlah catatannya itu dalam golongan yang tinggi * Dan gantilah keluarganya dengan golongan orang-orang yang yang taat PadaMu * Dan Janganlah engkau cegah pahalanya dan janganlah engkau turunkan fitnah setelahnya

Teks tulisan latin:

Innalillahi wa inna ilaihi raji’un wa inna ila rabbina lamunqalibun * Allahumma uktubhu ‘indaka fil muhsinin * waj’al kitabahu fi ‘illiyyin * wakhlufhu fi ahlihi fil ghabirin * wala tahrimna ajrahu wala taftinna ba’dahu

Redaksi doa diatas adalah untuk mayit laki laki. Jika yang meninggal adalah seorang wanita, gantilah semua kata (dhamir) hu yang dikhususnya untuk pria menjadi kata (dhamir) ha yang dikhususkan untuk wanita. Contohnya, “كتابه” menjadi “كتابها”.

Doa yang agak ringkas

Doa saat mendengar kematian di atas adalah doa versi panjang. Ada juga redaksi doa yang lebih pendek, yaitu:

إنا لله وإنا إليه راجعون * اللهم أجرني في مصيبتي * واخلف لي خيرا منها

Sesungguhnya kami milik Allah dan kepadaNya kami kembali * Ya Allah berilah kepadaku pahala atas musibah ini * dan gantilah bagiku dengan yang lebih baik dari musibah ini.

Teks latin

Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun. Allhumma ajirni fi musibati wakhluf li khairan minha

Doa Saat Mayit akan Dimakamkan

Setelah proses memandikan, mengkafankan, dan menshalatkan mayit. Ada doa yang dibaca oleh imam shalat mayit di depan jenazah. Doa ini juga dibaca nantinya saat membawa jenazah ke liang lahad. Doa ini juga digunakan sebagai doa Samadiyah dan Tahlilan selama 7 hari, hari ke 40, dan Haul tahunan. Berikut adalah redaksi doanya:

اللهم ابدله دارا خيرا من داره * واهلا خيرا من اهله * وادخله الجنة * واعذه من عذاب القبر ومن عذاب النار * اللهم عاملة بما انت اهله ولا تعامله بما هو اهله * اللهم اجزه عن الاحسان إحسانا * وعن الأساءة عفواً وغفراناً * اللهم إن كان محسناً فزد من احسانه * وإن كان مسيئاً فتجاوز عن سيئاته * اللهم ادخله الجنة من غير مناقشة حساب ولا سابقة عذاب * اللهم اّنسه في وحدته وفي وحشته وفي غربته * اللهم انزله منزلاً مباركا وانت خير المنزلين * اللهم انزله منازل الصديقين والشهداء والصالحين وحسن اولئك رفيقا * اللهم اجعل قبره روضة من رياض الجنة ولا تجعله حفرة من حفر النيران * اللهم افسح له في قبره مد بصره وافرش قبره من فراش الجنة * اللهم اعذه من عذاب القبر وجاف ِالارض عن جنبيها * اللهم املأ قبره بالرضا والنور والفسحة والسرور * نسأل الله العفو و العافيه

Sesuai dengan kaedah dan grammar Bahasa Arab, setiap kata “hu” atau “hi” bermakna “dia” untuk mayit laki-laki. sedangkan untuk jenazah perempuan, kata Hu atau Hi tadi diganti dengan “ha”.

Teks tulisan latin

Allahumma abdilhu daran khairan min darihi * wa ahlan khairan min ahlihi * wa adkhilhul jannata wa a’idzhu min ‘adzabin qabri wa min adzabin nar * Allahumma amilatan bima anta ahluhu wala tu’amilhu bima huwa ahluhu * Allahumma ajizhu anil ihsan ihsanan wa anil isa’ah afwan wa ghufranan * Allahumman inkana muhsinan tujihi min ihsanihi wa inkana musi’an fatajawaz an sayyiatihi *

Allahumma adkhilhul jannata min ghairi munaqashati hisabin wala sabiqati adzabin * Allahumma insahu fi wihdatihi wafi wahsyatihi wafi gharbatihi * Allahumma anzilhu munzalan mubarakan wa anta khairul munzilin * Allahumman anzilhu manazilas siddiqin wasy syuhada was sholihin wahasuna ula’ika rafiqa *

Allahumma ij’al qabrahu raudhatan min riyadhil jannah wala taj’alhu hufratan min hufarin niran * Allahumma ifsah lahu fi qabrihi mudda basharihi wafrusy qabrahu min firasyil jannah * Allahumma a’idzhu min ‘adzabil qabri wa jafil ardi an janbaiha * Allahumma amalan qabrahu bir ridha wannur wal fashata wassurur * Nas’alullahal afwa wal afiyah

Bacaan Doa Saat Bertemu dengan Keluarga Duka

Saat berta’ziyah (mengunjungi keluarga orang yang meninggal) dan berjumpa dengan pihak keluarga duka, bacalah doa berikut ini:

أَعْظَمَ اللهُ أَجْرَكَ وَأحْسَنَ عَزَائَكَ وغَفَرَ ِلمَيِّتِكَ

Semoga Allah mengagungkan pahalamu, mengindahkan sabarmu dan memaafkan mayitmu.

Teks latin

A’dzamaallahu ajraka wa ahsana ‘aza’aka wa ghafara limayyitika

Doa Saat Ziarah Kubur

Pada masa awal, Islam pernah melarang ziarah ke kuburan. Namun, larangan tersebut akhirnya di Nasakh oleh Nabi dengan hukum boleh berziarah ke kuburan. Saat berziarah kekuburan atau melewati area pemakaman, sunah membaca doa berikut ini:

Periwayatan dari Imam Muslim:

السلام عليكم أهل الديار من المؤمنين والمسلمين * وإنا إن شاء الله تعالى بكم لاحقون * نسأل الله لنا ولكم العافية

Assalamualaikum wahai Ahli Kubur yang muslim dan mukmin. Insya Allah kami akan bertemu kalian. Kami meminta pada Allah agar kami dan kalian diberi kesehatan.

Teks latin

Assalamualaikum Ahlad diyar minal mukminin wal muslimin * Wa inna insya Allah taala bikum lahiqun * Nas’alullaha lana walakum al-afiyah

Periwayatan Dari Imam Tirmizi

Boleh juga menggunakan redaksi dibawah ini saat berziarah atau melewati area pemakaman muslim. Redaksi doa dibawah ini adalah bersumber dari riwayat Imam Tirmizi, yaitu:

السلام عليكم يا أهل القبور * يغفر الله لنا ولكم * أنتم سلفنا ونحن بالأثر

Assalamualaikum wahai Ahli Kubur. Semoa Allah mengampuni kami dan kalian. Kalian pendahulu kami. Kami akan menyusul.

Teks latin

Assalamualaikum Ya Ahlal Qubur. Yaghfirullaha lana walakum. Antum salafuna wanahnu bilatsar.

Tags
Lihat Semuanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker