Download Kitab

Mengenal Imam Qalyubi Pengarang Kitab Qalyubi

Ahmad AlfajriMengenal Imam Qalyubi Pengarang Kitab Qalyubi

Mengenal lebih dekat Imam Qalyubi Pengarang Kitab Qalyubi
Mengenal Imam Qalyubi Pengarang Kitab Qalyubi

Di tempat saya tinggal, penyebutan Kitab Mahalli merujuk kepada Kitab Qalyubi dan Kitab ‘Umairah. Penggabungan kedua Kitab tersebut pada edisi cetakan bukanlah ide dari kedua penulis. Sebab Era kehidupan kedua penulis berbeda lebih dari seratus tahun.

Latar Belakang

Agar lebih jelas, ada baiknya kita mundur dan melihat kebelakang dulu. Adalah Imam Nawawi menghasilkan sebuah karya di bidang Fiqh dan beliau beri judul dengan Minhaj at Thalibin. Lalu muncul sosok Jalaluddin Muhammad bin Ahmad al-Mahalli al-Syafi’i, menyusun Kitab Syarahan Minhaj at Thalibin dan diberi judul Kanz al-Raghibin Syarh Minhaj al-Thalibin.

Lalu datanglah Imam Syihabuddin Ahmad al-Burullusi al-Mishri (lebih dkenal dengan ‘Umairah) memberikan komentar atas Kitab karangan Imam Jalaluddin Mahalli. Dari komentar komentar itu, lahirlah sebuah karya yang diberi judul Hasyiah ‘Umairah ‘ala Syarh al-Mahalli ‘ala Minhaj al-Thalibin.

Pada era selanjutnya, muncul sosok ulama yang bernama Imam Syihabuddin Abu al-‘Abbas Ahmad bin Ahmad bin Salamah (lebih dikenal dengan Qalyubi). Beliau juga memberikan komentar (Hasyiyah) atas karya Imam Jalaluddin Mahalli. Hasil dari komentar ini, lahirlah sebuah karya yang diberi judul Hasyiah Qalyubi ‘ala Syarh al-Mahalli ‘ala Minhaj al-Thalibin.

Jika diurutkan dari segi masa, maka urutannya sebagai berikut:

  • Imam Nawawi (W 676 H) – Ulama Syafiiyah Abad ke 7
  • Jalaluddin Mahalli (W 864H) – Ulama Syafiiyah Abad ke 9
  • ‘Umairah (W 907H) – Ulama Syafiiyah Abad ke 10
  • Qalyubi (W 1069H) – Ulama Syafiiyah Abad ke 11

Pada artikel kali ini, fokus tulisan kami hanya untuk mengenal lebih dekat seorang ulama besar asal Mesir yaitu Qalyubi.

Qalyubi Kecil

Imam Qalyubi lahir dan besar di Negara Mesir. Desa kelahiran beliau bernama Qalyub. Jarak dari Kota Cairo lebih kurang 2 farsakh. Sekitar 2 jam perjalanan dari Cairo menggunakan kereta api. Jadi, Nama Qalyubi adalah penisbahan pada nama desa tempat beliau dilahirkan.

Nama Qalyubi lebih populer dibandingkan nama asli beliau. Jika dipersentasekan, 90 persen umat Islam tidak tahu nama asli Imam Qalyubi. Ada dua cara penyebutan Qalyubi, yaitu Qalyubi dan Qulyubi.

Nama lengkap Imam Qalyubi adalah Ahmad bin Ahmad bin Salamah. Beliau dinisbahkan sebagai Al-Mashri sebab lahir dinegara Mesir. Dinisbahkan kepada Qalyubi sebab lahir di desa Qalyub. Dinisbahkan juga sebagai As Syafii sebab bermazhab Syafii.

Kuniyah yang disandangkan kepada beliau adalah Abu al Abbas. Biasa pada cover kitab, kuniyah ini selalu disebutkan. Beliau juga dilaqab sebagai Syihabuddin. Dan biasanya penyebutan nama laqab disebutkan lebih awal di cover Kitab.

Adapun tahun lahir Imam Qalyubi tidak disebutkan oleh para ahli sejarah. Imam Qalyubi wafat pada akhir bulan Syawwal Tahun 1069 H.

Guru Guru Imam Qalyubi

Negara Mesir seakan tak pernah kurang ulama ulama besar. Setiap abad, pasti tercatat dalam sejarah ada ulama asal Mesir dengan berbagai karya monumental. Berkahnya lagi, ulama ulama tersebut bukan hanya seorang, tapi mencapai ratusan setiap abadnya.

Pada masa Qalyubi kecil, banyak ulama dengan berbagai bidang keahlian. Beliau belajar kepada ulama ulama tersebut beragam maddah seperti Fiqh, Hadits, Nahwu, Sharaf, Mantiq dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah sebagian dari guru guru Imam Qalyubi. Saya sebutkan disini 3 guru saja berurutan sesuai tahun wafat:

  • Syamsuddin Ramli – Pengarang Kitab Nihayatul Muhtaj
  • As Subki – Pengarang Kitab Fathul Ghafur bi Syarhi Manzumatul Qubur
  • Nuruddin al Halabi – Pengarang Kitab Hasyiyah ‘ala Syarh Minhaj

Murid Murid Imam Qalyubi

Guru yang berkualitas akan melahirkan murid yang berkualitas juga. Dari segi kuantitas, tidak bisa disebutkan jumlah murid Imam Qalyubi yang memiliki kapasitas dan kualitas mumpuni.

Berikut ini adalah sebagian dari murid murid Imam Qalyubi. Saya sebutkan disini 3 murid saja berurutan sesuai tahun wafat:

  • Ad- Dujani – Pengarang Kitab al ‘Aqdu al Munfarid fi Hukmi al Amrad
  • At Thanini – Ulama asal Suriah pengarang Kitab Fath Rabbi al Bariyyah bi al Jawabi ‘an Asilati al Mubtadi’ah.
  • Barmawi – Pengarang Kitab Hasyiyah ‘ala Syarhi al Ghayah li Ibni Qasim al Ghazi.

Karya Tulis Imam Qalyubi

Imam Qalyubi adalah seorang ulam produktif. Banyak karya tulis yang beliau susun. Ada dalam bidang Tafsir dan Ulumul Quran, Hadits, Fiqh Perbandingan, Ushul Fiqh, Fadhail A’mal, Doa dan untaian Zikir, Adab, Kisah, Tasauf, Sejarah, Geografi, Falak, Nahwu, Bahasa, Mantiq, Kedokteran, Ilmu Mimpi, Wifiq, Nazham dan lain sebagainya.

Jadi, Imam Qalyubi adalah sosok ulama multi talenta. Beliau bukan hanya pakar fikih semata, tapi juga pakar beragam ilmu. Disini, tidak saya sebutkan satu persatu Kitab karangan Imam Qalyubi karena terlalu banyak dan fokus tulisan saya hanya tentang Kitab Mahalli saja.

Terjemahan Kitab Mahalli

Kitab Mahalli yang merupakan satu paket dengan Kitab Qalyubi ini sudah diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia oleh seorang guru kami yaitu Abu Miqdad. Nama lengkap beliau adalah Tgk Erwinsyah. Beliau berasal dari Manado (Sulawesi Utara) dan menuntut ilmu di Dayah Darussalam. Labuhan Haji.

Sekarang, beliau sudah mendirikan dayah Darul Musthafa AlWaliyyah (DAMAI) yang beralamat di Gampong Deah Mamplam, Kecamatan Leupung, Kabupaten Aceh Besar.

Dayah Darul Musthafa Al Waliyyah
Dayah Darul Musthafa Al Waliyyah

Download Kitab Mahalli Qalyubi wa Umairah

Sekian dulu artikel singkat dari saya tentang Mengenal Imam Qalyubi Pengarang Kitab Qalyubi . Disini saya share link untuk mendownload salah satu Kitab karya Imam Qalyubi yaitu yang populer disebut dengan Kitab Mahalli.

Name : Hasyiyatani
Author : 1. Ahmad bin Ahmad al-Qalyubi. 2. Ahmad ‘Umairah
File : PDF
Size : 117 MB (Full)

Download Disini

Tags
Lihat Semuanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker