Download Kitab

Mengenal Kitab Misykatul Anwar Karya Imam Ghazali

Ahmad AlfajriMengenal Kitab Misykatul Anwar Karya Imam Ghazali

Mengenal Kitab Misykatul Anwar Karya Imam Ghazali
Mengenal Kitab Misykatul Anwar Karya Imam Ghazali

Misykât al­Anwâr adalah salah satu Kitab Tasauf karya Imam Ghazali. berbeda dengan Kitab lainnya, Kitab ini tidak tebal, kecil dan tipis. Fokus pembahasannya adalah interpretasi ayat tentang cahaya yang terdapat dalam Al-Quran Surat An- Nûr ayat 35.

ٱللَّهُ نُورُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۚ مَثَلُ نُورِهِۦ كَمِشْكَوٰةٍۢ فِيهَا مِصْبَاحٌ ۖ ٱلْمِصْبَاحُ فِى زُجَاجَةٍ ۖ ٱلزُّجَاجَةُ كَأَنَّهَا كَوْكَبٌۭ دُرِّىٌّۭ يُوقَدُ مِن شَجَرَةٍۢ مُّبَٰرَكَةٍۢ زَيْتُونَةٍۢ لَّا شَرْقِيَّةٍۢ وَلَا غَرْبِيَّةٍۢ يَكَادُ زَيْتُهَا يُضِىٓءُ وَلَوْ لَمْ تَمْسَسْهُ نَارٌۭ ۚ نُّورٌ عَلَىٰ نُورٍۢ ۗ يَهْدِى ٱللَّهُ لِنُورِهِۦ مَن يَشَآءُ ۚ وَيَضْرِبُ ٱللَّهُ ٱلْأَمْثَٰلَ لِلنَّاسِ ۗ وَٱللَّهُ بِكُلِّ شَىْءٍ عَلِيمٌۭ

Allah (pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. Perumpamaan cahaya-Nya, seperti sebuah lubang yang tidak tembus, yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam tabung kaca (dan) tabung kaca itu bagaikan bintang yang berkilauan, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang diberkahi, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di timur dan tidak pula di barat, yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis), Allah memberi petunjuk kepada cahaya-Nya bagi orang yang Dia kehendaki, dan Allah membuat perumpamaan-perumpamaan bagi manusia. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

Dalam Mukaddimah, Imam Ghazali menjelaskan tujuan penulisan kitab ini yaitu untuk menguraikan sebuah ayat Alquran dan sebuah hadis, atas permintaan seorang murid terdekatnya. Hadis yang dimaksud adalah hadis tentang hijab. Jadi, tema umum Misykât al­Anwâr adalah metafisika cahaya.

Benarkah Karya Imam Ghazali?

Kitab ini merupakan salah satu di antara kitab Imam Al-Ghazali yang paling banyak dicurigai dan disorot oleh sebagian kecil ilmuwan modern. Meskipun dari kalangan tradisionalis dan sebagian besar sarjana modern lainnya tetap mengakuinya sebagai karya tulis Al-Ghazali.

Kitab Misykatu al-Anwar dicurigai karena mereka melihat adanya ketidak-konsistenan keilmiahan dalam karya-karya tersebut. Di antara ilmuwan yang paling sibuk membedah masalah ini adalah orientalis Montgomeri Watt.

Bahkan, secara khusus topik keotentikan kitab Misykât al­Anwâr sebagai buah karya Al-Ghazali ini diangkat dalam tulisannya yang dimuat dalam journal of Royal Asiatic Society. Tapi, pada akhirnya seluruh argumen Montgomeri Watt dipatahkan oleh beberapa ulama modern.

Kedudukan Kitab Misykatul Anwar

Ulama pakar Tasauf menempatkan karya ini pada maqâm (peringkat) tertinggi dalam kategori tasawuf bersama beberapa karya lain Al-Ghazali dan magnum opus sufi-sufi besar lainnya, seperti Fushûs al­Hikam, al­Futûhât al­Makkiyah karya Ibn Arabi, al­Insân  al­Kâmil karya al­Jîlî dan beberapa masterpiece lainnya dalam Ilmu Tasawuf

Download Kitab Misykatul Anwar dan Terjemahan

Name : Misykatu al-Anwar
Author : Abu Hamid Muhammad bin Muhammad al-Ghazali
Editor : Dr. Abu al-Ala’ ‘Afifi
File : PDF
Size : 1.7 MB
Pages : 96
Year : 1964
Published : —
Publisher : al-Dar al-Qoumiyah – Mesir

Download Disini

Tags
Lihat Semuanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker