Ulumul Quran

Mengenal Nama-nama Alquran Beserta Dalilnya

Sofyan Mengenal Nama-nama Alquran Beserta Dalilnya

Mengenal Nama-nama Alquran Beserta Dalilnya
Mengenal Nama-nama Alquran Beserta Dalilnya

Secara etimologi Alquran berasal dari kata qora’a, yaqra’u, qira’atan atau qur’anan yang artinya mengumpulkan (al-jam’u) dan menghimpun (al-dhammu) huruf-huruf serta kata-kata dari satu bagian ke bagian yang lain secara teratur.

Dikatakan Alquran karena ia berisikan inti sari dari semua kitabullah dan inti sari dari ilmu pengetahuan.

Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa Alquran adalah sebuah kitabullah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw. sebagai penyempurna dari kitab-kitab sebelumnya.

Dengan Alquran kita dapat ilmu pengetahuan seperti yang dikemukakan diatas Alquran adalah inti sari dari ilmu penetahuan.

Selain sebagai penyempurna dari kitab-kitab terdahulu dan intisari ilmu pengetahuan, Alquran adalah sebagai Kalam Allah Swt., dimana kita dapat berdialog dengan Allah Swt. selain dengan menjalankan sholat, kita dapat
membaca Alquran sebagai pedoman hidup kita.

Nama-nama Alquran

Allah memberikan Alquran beberapa nama seperti Alquran, al-Kitab, al-Furqan, al-Dzikr, dan Tanzil.

Alquran

إِنَّ هَٰذَا الْقُرْآنَ يَهْدِي لِلَّتِي هِيَ أَقْوَمُ وَيُبَشِّرُ الْمُؤْمِنِينَ الَّذِينَ يَعْمَلُونَ الصَّالِحَاتِ أَنَّ لَهُمْ أَجْرًا كَبِيرًا

Artinya; Sesungguhnya Alquran ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi khabar gembira kepada orang-orang Mu ́min yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar (Q.S. al-Isra’;9)

al-Kitab

لَقَدْ أَنْزَلْنَا إِلَيْكُمْ كِتَابًا فِيهِ ذِكْرُكُمْ ۖ أَفَلَا تَعْقِلُونَ

Artinya; Sesungguhnya telah Kami turunkan kepada kamu sebuah kitab yang di dalamnya terdapat sebab-sebab kemuliaan bagimu. Maka apakah kamu tiada memahaminya (Q.S. al-anbiya’; 10)

al-Furqan

تَبَارَكَ الَّذِي نَزَّلَ الْفُرْقَانَ عَلَىٰ عَبْدِهِ لِيَكُونَ لِلْعَالَمِينَ نَذِيرًا

Artinya; Maha suci Allah yang telah menurunkan Al Furqaan (Alquran) kepada hamba-Nya, agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam (Q.S. al-Furqan; 1)

Baca Juga :  Memahami Pengertian dan Macam Macam Wahyu

al-Dzikr

إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُونَ

Artinya; Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Alquran, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya. (Q.S. Al-Hijr; 9)

al-Tanzil

وَإِنَّهُ لَتَنْزِيلُ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Artinya; Dan sesungguhnya Alquran ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta alam. (Q.S. Asy-Syu’ara; 192)

Alquran dan al-Kitab lebih populer dari nama-nama yang lain. Dalam hal ini Muhammad Abdullah Daraz “ditulis” dengan pena. Kedua nama ini menunjukkan makna yang sesuai dengan kenyataannya.

Penamaan Alquran dengan kedua nama ini memberikan isyarat bahwa selayaknya Alquran dipelihara dalam bentuk hafalan dan tulisan. Jika salah satunya melenceng, maka lainnya meluruskannya.

Dengan penjagaan ganda ini, oleh Allah Swt. telah ditanamkan ke dalam jiwa umat Nabi Muhammad Saw. untuk mengikuti langkah Nabinya, maka Alquran tetap terjaga dalam benteng yang kokoh.

Jadi dapat disimpulkan bahwa Alquran diberi nama sesuai dengan fungsinya. Seperti al-Furqan sebagai pembeda, dengan pembeda ini kita dapat membedakan mana yang benar dan mana yang salah.

Kandungan Isi Alquran

Materi yang terkandung dalam Alquran sangat banyak dan beragam. Dimulai dari hubungan manusia kepada Allah Swt. (Hablum mina Allah). Hubungan antar manusia (Hablum mina al-Nas).

Sebagian ulama memberikan intisari dari kandungan Alquran menjadi tiga hal, yaitu pengetahuan tentang akidah, pengetahuan tentang syari’ah, dan pengetahuan tentang akhlak.

Ada beberapa ulama lain mengatakan bahwa isi kandungan Alquran ada tiga macam yaitu mengatakan ketauhidan/ma’rifatullah, Hukum mu’amalah, dan pemberi kabar gembira dan peringatan.

Selain itu mereka memandang bahwa surat al-Fatihah menjadi surat pembuka Alquran yang mengandung intisari atau ringkasan dari pada Alquran.

Memang masih banyak lagi isi kandungan Alquran itu sendiri. Seperti Alquran berisikan tentang ilmu pengetahuan, sebagai ketauhidan kepada Allah Swt., peringatan dan pemberi kabar gembira.

Baca Juga :  Memahami Materi Makkiyah dan Madaniyah Secara Lengkap

Dan banyak lagi isi kandungan atau garis-garis besar Alquran seperti masalah akidah, akhlak, sejarah, hukum, ibadah, mu’amalat, ilmu pengetahuan, dan lain lain, karena Alquran adalah sebagai sumber ilmu pengetahuan.

Simak Video Nasyid tentang nama nama Alquran dibawah ini:

Lihat Semuanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker