Download Kitab

Mengenal Buku Bencana-Bencana Besar Dalam Sejarah Islam

Ahmad Alfajri Mengenal Buku Bencana-Bencana Besar Dalam Sejarah Islam

Mengenal Buku Bencana-Bencana Besar Dalam Sejarah Islam
Mengenal Buku Bencana-Bencana Besar Dalam Sejarah Islam

Ada beberapa Kota di dunia ini yang punya ikatan dan kenangan indah bagi umat Islam seperti Baghdad, Granada, lstanbul, dan Baitul Maqdis (Al-Quds). Kota Kota tersebut pernah menjadi pusat ilmu pengetahuan, pusat
peradaban dan kejayaan pemerintahan lslam.

Kota kota tersebut juga menyimpan keagungan seni dan arsitektur umat Islam. Dari Kota kota tersebut, umat Islam memancarkan sinar kegemilangannya hingga ke seluruh penjuru dunia.

Tapi, tahukah kita bahwa keagungan sejarah kota-kota lslam tersebut sempat mengalami fase mundur dan bahkan ada yang sampai runtuh. Penyebabnya banyak faktor antara lain gaya hidup mewah para pemimpinnya tanpa mau peduli kepada umat, perpecahan antar kaum muslimin, dan juga ekspansi kaum kafir.

Dan ekspansi musuh kepada umat Islam dilakukan pada waktu yang tepat dan saat terbaik. Ketika para pemimpin tidak peduli lagi dengan perkembangan Islam, dan otomatis benteng-benteng pertahanan umat semakin melemah, dan ditambah dengan konflik internal umat Islam. Saat itu, Kaum kafir dengan mudah menaklukkan Kejayaan dan peradaban Umat Islam.

DR Fathi Zaghrut dan Buku Bencana-bencana Besar dalam Sejarah lslam

Buku ini pada dasarnya adalah dalam Bahasa Arab yaitu An-Nawazil Al-Kubra fi At-Tarikh Al-lslami (Bencana-bencana Besar dalam Sejarah lslam). Lalu buku ini diterjemahkan oleh Masturi Irham & Malik Supar dan diterbitkan oleh Pustaka Al Kautsar.

Bencana-bencana yang dimaksud dalam Kitab tersebut adalah; jatuhnya Baghdad di tangan pasukan Mongol pada tahun 656 H, jatuhnya Baitul Maqdis di tangan tentara Salib pada tahun 492 H, lalu jatuhnya Granada di Andalusia dan berakhirnya daulah lslam di negeri itu pada tahun 897 H/1592 M, Terakhir adalah jatuhnya kekhalifahan Utsmani pada tahun 1342H/ 1924 M yang merupakan akhir dari benteng pertahanan lslam.

Empat kota bersejarah yang menjadi basis kekuatan lslam pada masa
lalu itulah yang menjadi pembahasan dalam buku ini. Sang penulis, Dr.
Fathi Zaghrut, tak hanya menggambarkan tentang keruntuhan basis-basis
pemerintahan lslam tersebut, tetapi juga memberikan analisa-analisa yang
tajam tentang mengapa kota-kota tersebut mengalami keruntuhan?

Jangan salah sangka, buku ini bukan bermaksud mengajak umat Islam untuk meratapi yang telah terjadi pada masa lalu. Tujuan buku ini ditulis agar umat Islam dapat belajar dari masa lalu.

Sebab, bukan tidak mustahil jika kita tetap lalai dan tidak mau mengambil hikmah dari pengalaman masa lalu, maka peradaban kita umat Islam yang tinggal secuil ini bisa hilang tanpa bekas.

Download Buku Bencana-Bencana Besar Dalam Sejarah Islam

Nama Buku : Bencana-Bencana Besar Dalam Sejarah Islam
Penulis : DR. Fathi Zaghrut
Penerjemah : Masturi Irham & Malik Supar
Halaman : 978
File : PDF
Ukuran : 25 MB
Penerbit : Pustaka Al Kautsar

Download Disini

Tags
Lihat Semuanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker