LifeStyle

Macam-Macam Bunga Hias Favorit Dan Cara Menanamnya

Ahmad Alfajri.comMacam-Macam Bunga Hias Favorit Dan Cara Menanamnya

Macam-Macam Bunga Hias Favorit Dan Cara Menanamnya
Macam-Macam Bunga Hias Favorit Dan Cara Menanamnya

Berkebun merupakan hobi tersendiri bagi pencinta tanaman. Biasanya tanaman-tanaman yang dipakai untuk menghiasai kebun kebanyakan adalah bunga. Hobi berkebun dapat mengisi waktu luang ketika sedang tidak ada kerjaan sama sekali. Menghiasi halaman rumah dengan menanamnya pada pot bunga merupakan hal yang cukup mudah.

Menanam bunga dengan media pot adalah cara yang paling efisien, terutama jika tinggal di tengah kota atau perumahan, karena akan sulit menemukan tempat lahan yang kosong untuk menanam bunga. Menanam bunga disamping dapat dijadikan sebagai kegiatan tambahan di tengah kesibukan harian, dengan melihat halaman rumahnya yang indah akan menghilangkan rasa penat yang ada di kepala.

Macam-Macam Bunga yang Paling Banyak Dijadikan Tanaman Hias

Melati

Bunga melati merupakan salah satu bunga yang paling terkenal di Indonesia, bahkan salah satu jenis melati, yaitu melati putih ditetapkan sebagai bunga nassional Indonesia bersama dengan bunga bangkai Rafflesia Arnoldii. Melati dengan bunganya yang berwarna putih dan memiliki bau yang harum menjadi salah satu bunga yang paling bandel dan mudah perawatannya.

Dalam merawat bunga mawar tidak diperlukan cara khusus, dapat di tanam di halaman langsung atau di pot. Yang harus diperhatikan adalah pemangkasan bunga untuk mengendalikan ukuran tanamannya.

Asoka

Walaupun bunga asoka bukan bunga asli Indonesia, bunga asoka cukup populer di Indonesia. Bunga yang memiliki nama latin Saraca Indica merupakan bunga yang mudah dalam perawatannya. Tumbuhan ini mudah untuk tumbuh di tempat yang terik (banyak sinar matahari) maupun tempat yang teduh.

Bougenville

Bunga bougenville biasanya juga disebut dengan bunga kertas. Bunga ini termasuk tanaman hias dalam spesies Bougainvillea yang berasal dari negara Amerika bagian Selatan. Namun sekarang bunga dengan mudahnya ditemukan di Indonesia karena dapat berabdatasi dengan iklim tropis dan mudah dalam perawatannya.

Kembang Sepatu

Tanaman bunga kembang sepatu juga termasuk tanaman yang mudah untuk di tanam. Nama latin dari tanaman hias ini adalah Hibiscus rosa-sinensis, dan terkadang disebut dengan nama lokal bunga raya (Melayu) dan worawari (Jawa).

Kemuning

Bunga kemuning merupakan tanaman hias yang dapat berbunga sepanjang tahun. Bunganya yang harum dan berwarna putih, sementara daunnya menyerupai dengan daun jeruk. Tanaman ini sangatlah mudah untuk dirawat karena kerap dijadikan sebagai tanaman hias dan tumbuhan pagar.

Kenanga

Kenanga merupakan tanaman hias asli Indonesia yang mempunyai nama latin Cananga Odorota ditetapkan sebagai tanaman flora identitas provinsi Sumatera Utara. Karena mudah dalam membudidayakan dan perawatannya, kenanga memiliki aroma yang khas yang dapat disuling menjadi minyak wangi.

Alamanda

Bunga Alamanda merupakan kumpulan dari tanaman dalam genus Allamanda, walaupun spesies ini yang populer di Indonesia merupakan spesies Allamanda Cathartiva. Bunga ini memiliki sebutan sebagai bunga terompet emas, bunga lonceng kuning ini merupakan bunga yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan.

Tanaman ini tumbuh secara bergerombol dan mudah berkembang dengan cepat bahkan di pot sekalipun. Walaupun tidak dapat mengeluarkan bau yang harum, tetapi bunga ini sangatlah enak untuk dipandang karena keindahannya.

Bahan Menanam Bunga

Jika ingin memiliki tanaman dapat berbunga dengan depat dan lebat, tetap segar tentu saja dengan proses penanaman yang baik dan benar. Tanaman bunga yang di tanam ditempat yang terbuka begitu juga pada pot memiliki penangan yang berbeda. Ini dia caranya:

Utamakan Dalam Pemilihan Media Tanam yang Cocok Bagi Bunga

Syarat dari media tanam tersebut adalah:

  • Bebas dari penyakit dan memiliki unsur hara sebagai bahan makanan tanaman atau sebagai penambah pupuk.
  • Bisa menjadi penopang tanaman agar tidak roboh.
  • Dapat menyerap air dengan baik dan mengalirkan kelebihan air yang tidak dibutuhkan.

Media Tanam yang Baik Juga Terbagi Menjadi Dua

  1. Bahan organik. Dari organisme makhluk hidup seperti batang, daun atau buah-buahan. Bahan organik memiliki unsur hara yang banyak dan memiliki unsur mikro dan makro yang seimbang. Contohnya arang, moss, sabut kelapa, humus, kompos dan pupuk kandang.
  2. Bahan anorganik. Memiliki unsur mineral yang tinggi hasil dari pelapukan batu induk dalam bumi, seperti batum kerikil, pasir, gel, spons, pecahan batu dan lainnya.

Cara Menanam Bunga

  • Cara menanam bunga pada lahan yang terbuka dengan di dalam pot tidak jauh berbada kok, yang perlu diperhatikan adalah untuk penanam yang ada di dalam pot. Dasar pot harus diisi dengan pecahan batu bata atau genteng merah yang merupakan rongga udara sebagai pernapasan akar.
  • Dengan pemilihan media yang baik, gali lubang pada media tanam dan masukkan tanaman yang diinginkan kemudian tanahnya dipadatkan. untuk media pot, usahakan agar tanaman tidak menyentuh bibit pot dan sisakan minimal 2 cm.
  • Siramilah tanaman 2 kali sehari, pagi dan sore hari. Baiknya disiram dengan cara disemprot agar dapat tersiram dengan merata. Yang disiram adalah batang dan media tanaman (tanahnya) dan usahakan jangan sampai terkena bunganya agar tidak mudah layu.
  • Pastikan bunga mendapatkan pencahayaan matahari yang cukup. Untuk tanaman yang ada di pot usahakan minimal 2-3 jam untuk menyerap sinar matahari dan kemudian masukkan kembali (jika menanamnya berada di teras rumah).
  • Agar tidak mudah layu, semprotkanlah pestisida atau suntikan anti hama sehingga tidak diganggu oleh hama.
    Pangkaslah tanaman jika sudah terlihat mulai membesar dan gunting bagian yang sudah tua dan kering agar tanaman tetap subur.
  • Jika ingin memetik bunga, gunakanlah gunting agar bunga tidak mudah layu.
Lihat Semuanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker