Download Kitab

Mengenal Kitab Irsyadul Ibad Ila Sabilir Rasyad

Ahmad AlfajriMengenal Kitab Irsyadul Ibad Ila Sabilir Rasyad

Mengenal Kitab Irsyadul Ibad Ila Sabilir Rasyad
Mengenal Kitab Irsyadul Ibad Ila Sabilir Rasyad

Kitab Irsyadul Ibad adalah karya tulis Syekh Zainuddin Ahmad bin Abdul Aziz bin Zainuddin bin Ali Al Malibari al Fanani (W 987 H0). Judul kitab secara lengkap adalah Irsyad al Ibad Ila Sabilir Rasyad.

Dalam Kitab Irsyadul Ibad terkandung berbagai hadits hadits tentang keagamaan. Bab pertama dimulai dengan Kitab Iman. Pada Kitab Iman ini dijelaskan secara luas semua aspek yang berkaitan dengan keimanan dan juga hal hal yang menyebabkan hilangnya keimanan.

Kitab selanjutnya adalah mengenai topik bersuci (Thaharah). Pada topik ini dijelaskan secara luas materi tentang bersuci seperti berwhuduk, mandi junub, tayammum dan lain sebagainya.

Kitab Selanjutnya adalah tentang keutamaan dan kelebihan berzikir. Pada bahagian ini, terdapat penjelasan tentang beragam shalat sunat dan juga doa serta zikir yang harus dibaca.

Kitab ini sangat cocok dijadikan sebagai referensi dalam beribadah. Sebab, semua materinya dilengkapi dengan hadits hadits Nabi.

Dalam menyusun Kitab Irsyadul Ibad, Syekh Zainuddin menggunakan dua referensi primer sebagai panduan, yaitu:

kitab Az Zawajir karya Ibnu Hajar al Haitami (Guru Syekh Zainuddin)

Kitab Mursyid at Thulab karya Zainuddin bin Ali bin Ahmad al Malibari (Kakek beliau)

Kitab Irsyadul Ibad merupakan sebuah kitab yang masuk dalam kurikulum pendidikan dayah di Indonesia. Sangking populernya, Kitab Irsyadul Ibad ini sudah diterjemahkan kedalam berbagai bahasa di dunia.

Bahkan salah seorang ulama besar asal Indonesia pernah menulis sebuah karya berbentuk syarahan atas Kitab Irsyadul Ibad. Adalah Syekh Ihsan bin Muhammad Dahlan Jampes, kediri menyusun sebuah karya yang diberi judul Manahij al Imdad Syarh Irsyadul Ibad

Download Disini

Baca Juga :  Kitab Qutul Habib Gharib Karya Syekh Nawawi
Lihat Semuanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker