Download Kitab

Sejarah Teks Alquran Karya Mustafa Azami

Ahmad AlfajriSejarah Teks Alquran Karya Mustafa Azami

Sejarah Teks Alquran Karya Mustafa Azami
Sejarah Teks Alquran Karya Mustafa Azami

Alquran adalah sumber hukum Islam yang pertama. Penelitian tentang Alquran terus dilakukan dari masa klasik hingga abad modern sekarang.

Alquran mencakup semua Sisi keilmuan yang ada. Meskipun berbagai penelitian telah dilakukan, pastilah kandungan Alquran tidak pernah akan habis.

Kajian tentang Alquran secara umum yang dipelajari adalah seperti Ilmu Alquran, ilmu makna Alquran dan juga Ilmu Tafsir Alquran.

Salah satu cabang dari pada Ilmu Tafsir Alquran adalah ilmu tentang teks Alquran. Ada sebuah buku yang cukup populer dan fenomenal yang membahas tentang ilmu teks Alquran yaitu buku sejarah teks al-quran dari Wahyu sampai kompilasi karya Muhammad Mustafa Azami.

Buku ini menjadi rujukan penting di berbagai Universitas dunia dalam bidang studi Alquran.

Sekilas tentang buku sejarah teks al-quran

Diantara Konten yang disajikan dalam buku sejarah teks al-quran adalah pemikiran dan sasaran tembak para orientalis terhadap Alquran.

Pembahasan juga mencakup tentang asal usul penerimaan wahyu, peran sosok Nabi Muhammad dalam mensosialisasikan ajaran Alquran, dan juga penulisan Alquran.

Topik pembahasan juga mencakup tentang asal usul naskah mushaf Ibnu Mas’ud. Penulis juga mengkomparasikan metode penulisan kitab Perjanjian Lama dan perjanjian baru.

Semua dilakukan merujuk kepada sumber yang original. Disana terlihat bagaimana perbandingan sejarah teks al-quran dan sejarah teks perjanjian baru dan perjanjian lama.

Kesimpulan yang diambil oleh penulis adalah bahwa kajian pihak orientalis terhadap Alquran hanya dilandasi Karena perasaan sudah menguasai semuanya. Padahal kajian tersebut tidak memiliki data ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan.

Buku ini menempatkan penulisnya sebagai ulama terkemuka pembela kemurnian dan kautentikan Al-Qur’an di garda depan melawan gempuran kaum orientalis terhadap Al-Qur’an.

Baca Juga :  Mengenal Buku Bencana-Bencana Besar Dalam Sejarah Islam

Prof Muhammad Abdullah Azami telah berhasil membuktikan bahwa Al-Qur’an adalah Kalamullah. Keberhasilan tersebut melalui jalur ilmiyah dan memiliki data dan referensi yang lengkap dan komplit.

Tanggapan para tokoh

Kitab karya Muhammad Mustafa Azami ini ditanggapi oleh banyak tokoh dengan nada yang positif dan memberikan sangat banyak manfaat dalam bidang ilmu Alquran.

  • Murad wilfried hofmann

Buku ini diharapkan dapat beredar dan ditelaah secara mendalam di kalangan umat Islam. Bagi yang terlibat khususnya di bidang dakwah dialog agama dan pendidikan. Penelitian dalam buku ini juga dapat dijadikan menu utama dan bahkan dapat dianggap sebagai sesuatu yang amat signifikan di masa sekarang.

  • Profesor Ali Mustafa Yaqub MA.

Jika Imam Syafi’i pada masa klasik dijuluki sebagai nashirus sunnah pembela sunnah oleh masyarakat Mekkah karena telah berhasil mematahkan argumen kelompok inkarus sunnah. Pada masa sekarang Profesor Mustafa Azami dijuluki sebagai pembela eksistensi hadis karena telah berhasil meruntuhkan argumentasi kelompok orientalis yang menolak hadis berasal dari Nabi Muhammad.

Download buku sejarah teks al-quran

Nama Buku : The History of the Quranic Text (From Revelation to Compilation A Comparative Study with the Old and New Testaments)
Judul Terjemah : Sejarah Teks al-Quran dari Wahyu Sampai Kompilasi
Penulis : Prof. Dr. M.M. Azami
File : PDF
Halaman : 415
Ukuran : 26 MB

Download Disini: Versi Bahasa InggrisVersi Bahasa Indonesia

Lihat Semuanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker