Bulan Syaban

Beberapa Peristiwa Penting Di Bulan Syaban

Ahmadalfajri.comBeberapa Peristiwa penting Di Bulan Syaban

Peristiwa penting di bulan Syaban
Peristiwa penting di bulan Syaban

Bulan Sya’ban adalah bulan mulia dan banyak peristiwa penting yang terjadi di dalamnya. Bulan Sya’ban adalah bulan persiapan manusia menuju ke bulan Ramadan.

Bagi umat Islam Indonesia, ada satu malam dalam bulan Sya’ban yang diperingati secara serentak dengan berbagai ibadah yaitu malam Nisfu Sya’ban.

Pada artikel kali ini, kami akan menulis beberapa peristiwa penting yang terjadi di dalam bulan Sya’ban.

Peristiwa penting dalam bulan Sya’ban

Sayyid Muhammad Alawi al-maliki dalam kitab Ma zha fi syakban menulis 3 peristiwa penting yang terjadi dalam bulan Sya’ban dan sangat berpengaruh terhadap spiritualitas keberagamaan umat Islam.

Peralihan kiblat

Peralihan kiblat dari Masjidil Aqsha ke Masjidil Haram atau Ka’bah terjadi di dalam bulan Sya’ban.

Menurut Imam Al qurthubi perintah peralihan kiblat terjadi tepatnya pada malam Selasa yaitu pada malam Nisfu Sya’ban.

Perintah perpalingan kiblat adalah perintah yang sangat ditunggu-tunggu oleh Rasulullah. Sebelumnya, beliau sangat suka dan rindu agar diturunkan Wahyu peralihan kiblat.

Penyerahan rekap amal manusia kepada Allah

Salah satu hal yang menyebabkan bulan Sya’ban adalah bulan yang istimewa adalah karena di dalamnya rekap amal manusia diserahkan kepada Allah oleh malaikat.

Sayyid Muhammad Alawi al-maliki mengutip sebuah riwayat Imam Nasa’i yaitu tentang dialog antara Rasulullah dan Usamah bin Zaid.

Usamah bertanya: wahai Rasulullah, saya tidak pernah melihat engkau melaksanakan sangat banyak ibadah puasa selain di bulan Sya’ban.

Rasulullah menjawab: banyak manusia yang lalai di bulan syakban. Pada bulan Sya’ban seluruh amal manusia diserahkan kepada Allah. Dan aku suka saat amalku diserahkan sedangkan diriku sedang melaksanakan puasa.

Turun ayat perintah bershalawat

Perintah bershalawat kepada rasulullah diturunkan oleh Allah di dalam bulan Sya’ban yaitu surat al-ahzab ayat 56 :

Baca Juga :  Tata Cara Sholat Nisfu Syaban

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya, “Sungguh Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, shalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”

Ibnu Abi Shai Al-Yamani menerangkan bahwa bulan Sya’ban adalah bulan bersholawat. Sebab bulan Sya’ban adalah bulan diturunkannya ayat perintah untuk bersholawat.

Menurut Imam Al Qastolani dalam kitab Mawahibul Laduniyah menerangkan bahwa ayat perintah bersholawat ini diturunkan oleh Allah pada bulan Sya’ban tahun kedua Hijriyah.

Demikian saja artikel kami tentang beberapa peristiwa penting di bulan Syaban. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Lihat Semuanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker