Kumpulan Doa Doa

Doa Kamilin Lengkap dan Artinya

Ahmad AlfajriDoa Kamilin Lengkap dan Artinya 

Doa Kamilin Lengkap dan Artinya
Doa Kamilin Lengkap dan Artinya

Salat tarawih adalah ibadah yang sangat dianjurkan dan dilakukan khusus dalam bulan Ramadan. Pada hari Ramadan umat Islam melaksanakan ibadah puasa.

Sedangkan di malam Ramadhan umat Islam melaksanakan qiyamul Lail. Salah satu salat yang dilakukan untuk qiyamul Lail adalah salat tarawih.

Dalil tentang kesunahan melaksanakan salat Tarawih di bulan Ramadan adalah sebuah hadis nabi:

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Barangsiapa yang beribadah di bulan Ramadan Seraya beriman dan ikhlas maka akan diampunkan dosa dosa yang pernah dilakukannya.

Lafaz “Qama Ramadhana” dalam hadis, diartikan oleh para ulama adalah sebagai salat tarawih. Hal ini sebagaimana sudah ditegaskan oleh Syekh khotib syarbini dalam kitab mughnil muhtaj.

Selain berpuasa dan melaksanakan salat tarawih, salah satu momentum penting lainnya yang sangat disayangkan jika Tertinggal adalah berdoa dan bermunajat di malam hari bulan Ramadhan.

Sebagaimana kita ketahui bahwa bulan Ramadan adalah bulan rahmah (bulan kasih sayang), bulan Maghfirah (bulan ampunan) dan bulan itqum minannar (pembebasan dari api neraka).

Tentunya, berdoa di malam bulan Ramadan adalah akan sangat mustajabah apalagi bertepatan dengan bulan lailatul qadar yaitu bulan yang lebih baik daripada 1000 Bulan.

Setelah melaksanakan salat Tarawih, ada sebuah redaksi doa yang sering dan populer di baca oleh masyarakat Indonesia yaitu doa kamilin.

Tentang Doa Kamilin

Doa kamilin adalah merujuk kepada redaksi dari pembuka ayat. Doa pertama berakhir dengan kata kami di yang bermakna sempurna.

Jelas bahwa orang yang berdoa dengan doa kami Bin ingin agar pribadinya menjadi pribadi yang sempurna dalam aspek keimanan.

Baca Juga :  Doa Memikat Hati Pria Idaman

Jika ditelusuri hingga doa ke terakhir, nampaklah bahwa doa kamilin memiliki substansi doa yang cukup komplit. Mulai dari aspek keduniaan, akhirat, kenikmatan, kesusahan dan lain sebagainya.

Doa kamilin ini adalah doa yang paling populer bagi masyarakat Indonesia. Doa kamilin ini termaktub dalam beberapa karya ulama Indonesia.

Diantaranya adalah kitab majmu’ah Maqruat yaumiyah wa Usbu’iyyah karya Kyai Haji Muhammad bin Abdullah Faqih pengasuh pondok pesantren Langitan Tuban.

Pada lembar pengantar Kyai Haji Abdullah Faqih menjelaskan sedikit tentang sanad doa kamilin. Mulai dari ijazah dari Kyai Abdul Hadi (Langitan), Kyai Maksum (Lasem) hingga Sayyid Muhammad bin Alwi Al Maliki.

Teks doa kamilin lengkap dengan Artinya

اَللهُمَّ اجْعَلْنَا بِالْإِيْمَانِ كَامِلِيْنَ. وَلِلْفَرَائِضِ مُؤَدِّيْنَ. وَلِلصَّلاَةِ حَافِظِيْنَ. وَلِلزَّكَاةِ فَاعِلِيْنَ. وَلِمَا عِنْدَكَ طَالِبِيْنَ. وَلِعَفْوِكَ رَاجِيْنَ. وَبِالْهُدَى مُتَمَسِّكِيْنَ

Allâhummaj‘alnâ bil îmâni kâmilîn. Wa lil farâidli muaddîn. Wa lish-shlâti hâfidhîn. Wa liz-zakâti fâ‘ilîn. Wa lima ‘indaka thâlibîn. Wa li ‘afwika râjîn. Wa bil-hudâ mutamassikîn

Artinya

Yaa Allah, jadikanlah kami orang-orang yang sempurna imannya, yang memenuhi kewajiban-kewajiban, yang memelihara shalat, yang mengeluarkan zakat, yang mencari apa yang ada di sisi-Mu, yang mengharapkan ampunan-Mu, yang berpegang pada petunjuk

وَعَنِ الَّلغْوِ مُعْرِضِيْنَ. وَفِى الدُّنْيَا زَاهِدِيْنَ. وَفِى اْلآخِرَةِ رَاغِبِيْنَ. وَبَالْقَضَاءِ رَاضِيْنَ. وَلِلنَّعْمَاءِ شَاكِرِيْنَ. وَعَلَى الْبَلاَءِ صَابِرِيْنَ. وَتَحْتَ لِوَاءِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ سَائِرِيْنَ

Wa ‘anil laghwi mu‘ridlîn. Wa fid-dunyâ zâhdîn. Wa fil ‘âkhirati râghibîn. Wa bil-qadlâ’I râdlîn. Wa lin na‘mâ’I syâkirîn. Wa ‘alal balâ’i shâbirîn. Wa tahta liwâ’i muhammadin shallallâhu ‘alaihi wasallam yaumal qiyâmati sâ’irîna

Artinya

yang berpaling dari kebatilan, yang zuhud di dunia, yang menyenangi akhirat, yang ridha dengan qadla-Mu (ketentuan-Mu), yang mensyukuri nikmat, yang sabar atas segala musibah, yang berada di bawah panji-panji junjungan kami, Nabi Muhammad, pada hari kiamat, yang mengunjungi telaga (Nabi Muhammad)

Baca Juga :  Doa Lancar Rezeki Dan Usaha Lengkap

وَعَلَى الْحَوْضِ وَارِدِيْنَ. وَإِلَى الْجَنَّةِ دَاخِلِيْنَ. وَمِنَ النَّارِ نَاجِيْنَ. وَعَلى سَرِيْرِالْكَرَامَةِ قَاعِدِيْنَ. وَبِحُوْرٍعِيْنٍ مُتَزَوِّجِيْنَ. وَمِنْ سُنْدُسٍ وَاِسْتَبْرَقٍ وَدِيْبَاجٍ مُتَلَبِّسِيْنَ. وَمِنْ طَعَامِ الْجَنَّةِ آكِلِيْنَ

wa alal haudli wâridîn. Wa ilal jannati dâkhilîn. Wa minan nâri nâjîn. Wa ‘alâ sariirl karâmati qâ’idîn. Wa bi hûrun ‘in mutazawwijîn. Wa min sundusin wa istabraqîn wadîbâjin mutalabbisîn. Wa min tha‘âmil jannati âkilîn.

Artinya

yang masuk ke dalam surga, yang selamat dari api neraka, yang duduk di atas ranjang kemuliaan, yang menikah dengan para bidadari, yang mengenakan berbagai sutra ,yang makan makanan surga

وَمِنْ لَبَنٍ وَعَسَلٍ مُصَفًّى شَارِبِيْنَ. بِأَكْوَابٍ وَّأَبَارِيْقَ وَكَأْسٍ مِّنْ مَعِيْن. مَعَ الَّذِيْنَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّيْنَ وَالصِّدِّيْقِيْنَ وَالشُّهَدَآءِ وَالصَّالِحِيْنَ وَحَسُنَ أُولئِكَ رَفِيْقًا. ذلِكَ الْفَضْلُ مِنَ اللهِ وَكَفَى بِاللهِ عَلِيْمًا

Wa min labanin wa ‘asalin mushaffan syâribîn. Bi akwâbin wa abârîqa wa ka‘sin min ma‘în. Ma‘al ladzîna an‘amta ‘alaihim minan nabiyyîna wash shiddîqîna wasy syuhadâ’i wash shâlihîna wa hasuna ulâ’ika rafîqan. Dâlikal fadl-lu minallâhi wa kafâ billâhi ‘alîman

Artinya

yang minum susu dan madu murni dengan gelas, cangkir, dan cawan bersama orang-orang yang Engkau beri nikmat dari kalangan para nabi, shiddiqin, syuhada dan orang-orang shalih. Mereka itulah teman yang terbaik. Itulah keutamaan (anugerah) dari Allah, dan cukuplah bahwa Allah Maha Mengetahui.

اَللهُمَّ اجْعَلْنَا فِى هذِهِ اللَّيْلَةِ الشَّهْرِالشَّرِيْفَةِ الْمُبَارَكَةِ مِنَ السُّعَدَاءِ الْمَقْبُوْلِيْنَ. وَلاَتَجْعَلْنَا مِنَ اْلأَشْقِيَاءِ الْمَرْدُوْدِيْنَ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِه وَصَحْبِه أَجْمَعِيْنَ. بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Allâhummaj‘alnâ fî hâdzihil lailatisy syahrisy syarîfail mubârakah minas su‘adâ’il maqbûlîn. Wa lâ taj‘alnâ minal asyqiyâ’il mardûdîn. Wa shallallâhu ‘alâ sayyidinâ muhammadin wa âlihi wa shahbihi ajma‘în. Birahmatika yâ arhamar râhimîn wal hamdulillâhi rabbil ‘âlamîn.

Baca Juga :  Hizib Nashor; Doa Penghancur Musuh

Artinya

Ya Allah, jadikanlah kami pada malam yang mulia dan diberkahi ini termasuk orang-orang yang bahagia dan diterima amalnya, dan janganlah Engkau jadikan kami tergolong orang-orang yang celaka dan ditolak amalnya. Semoga Allah mencurahkan rahmat-Nya atas junjungan kami Muhammad, serta seluruh keluarga dan shahabat beliau. Berkat rahmat-Mu, wahai Yang Paling Penyayang di antara yang penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.

Sekian saja artikel kami tentang Doa Kamilin. Semoga bermanfaat dan Terima Kasih.

Lihat Semuanya

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker