Kumpulan Doa Doa

Doa Keluar Rumah Beserta Artinya

Ahmad AlfajriDoa Keluar Rumah Beserta Artinya

Doa Keluar Rumah Beserta Artinya
Doa Keluar Rumah Beserta Artinya

Rasulullah adalah qudwah atau panutan bagi umat manusia. Setiap ucapan dan perbuatan adalah petunjuk untuk kehidupan manusia. Rasulullah mengajarkan para sahabat untuk selalu berdoa kepada Allah dalam segala aktivitas.

Salah satu doa yang diajarkan oleh Rasulullah adalah berdoa saat hendak keluar dari rumah.

Caranya adalah saat sampai di pintu rumah, berdiri sebentar sambil mengangkat kedua tangan. Lalu membaca doa yang diajarkan oleh Rasulullah.

Doa Keluar Rumah Lengkap

Berikut ini adalah doa keluar rumah dan artinya :

بسم الله توكلت علي الله ولا حول ولا قوة الا بالله العلي العظيم

Bismillah, Tawakkaltu ‘alallahi, Wa la Haula wa la Quwwata illa billahil ‘Aliyyil ‘Azhim.

Dengan nama Allah aku keluar musafir ini Padahal aku tawakal atas Allah ta’ala. Tiada Haul Dan Tiada Quwwah melainkan dengan Allah Ta’ala yang Maha Tinggi dan Maha Besar.

Ini adalah doa paling ringkas yang diajarkan oleh Nabi kepada setiap Insan yang hendak keluar dari rumah.

Nabi mengungkapkan hikmahnya bahwa siapa saja yang membaca doa ini maka akan diberikan kecukupan, dijaga oleh Allah, dan terhindar dari gangguan setan.

Dan terdapat juga dalam riwayat yang lain tentang doa keluar rumah sesuai sunnah yang diajarkan oleh Nabi dengan redaksi yang lebih panjang.

Redaksi Doa Lainnya

Doa tersebut yaitu gabungan doa diatas dan doa dibawah ini:

اللَّهمَّ إنِّي أعوذُ بِك أن أضلَّ أو أُضَلَّ ، أو أزلَّ أو أُزَلَّ ، أو أظلِمَ أو أُظلَمَ ، أو أجهلَ أو يُجهَلَ عليَّ

Allahumma Inni A’uzubika An Adhilla au Udhalla, au Azilla au Uzalla, au Adhlima au Udhlama, au Ajhila au Yujhala ‘Alayya.

Baca Juga :  Bacaan Hizib Zajr Arab Latin Terjemah

Hai Tuhanku, aku meminta peliharaan akan dikau daripada bahwa aku menyesatkan akan orang dan disesatkan oleh orang akan daku. Atau menghinakan akan orang atau orang menghinakan akan daku.

Atau aku menjatuhkan akan orang atau dijatuhkan orang akan daku. Atau mazhalim aku akan orang atau dizalimi orang akan daku. Atau aku jahil kan akan orang atau di jahil kan orang akan daku.

Redaksi Doa Lainnya

Dalam riwayat yang lain, Nabi juga pernah membaca doa keluar rumah dengan redaksi yang berbeda. yaitu:

اللهم إني لم أخرج أشرًا ولا بطرًا ولا رياء ولا سمعة بل خرجت اتقاء سخطك وابتغاء مرضاتك و قضاء فرضك واتباع سنة نبيك و شوقا الى لقائك

Allahumma, Inni Lam Akhruj Asyaran wa la batharan, wa la Riyaan, wa la Sum’atan. Bal Kharajtu Ittiqaa Sakhatika wa ibtighai Mardhatika, wa Qadhai Fardhika, wa Ittiba’i Sunnata Nabiyyika, wa Syauqan ila Liqaik.

Hai Tuhanku tiada aku keluar karena kebesaran dan Tiada karena riya dan Tiada karena sumah tetapi aku keluar karena memelihara akan umur kamu dan karena berkehendak keribaan mu dan karena menunaikan fardhu engkau Dan karena mengikut akan jalan nabimu dan karena kasih kepada berdapat akan dikau.

Penggalan awal dari Doa ini adalah doa yang dibacakan oleh nabi saat hendak keluar rumah. Adapun penggalan terakhir adalah pengakuan dan tujuan seseorang keluar dari rumah.

Saat hendak keluar rumah dengan tujuan musafir haji atau tujuan lainnya seperti mencari rezeki maka doa ini juga jadi sebagai doa keluar rumah untuk mencari rezeki.

Alangkah baiknya lagi kita membaca dan menggabungkan seluruh doa-doa keluar dari rumah yang telah diajarkan oleh Baginda Nabi Muhammad diatas.

Baca Juga :  Tata Cara Shalat dan Bacaan Lengkap

Jadi, banyak keutamaan yang akan kita dapatkan dengan membaca doa versi lengkap dari berbagai versi doa keluar rumah yang diajarkan Nabi.

Untuk memudahkan pembaca, disini kami tulis juga doa keluar rumah tulisan latin.

Demikian saja artikel kami tentang doa keluar rumah latin dan artinya. Semoga bermanfaat dan Terima KAsih.

Lihat Semuanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker