Kajian Umum

Nama Nama Surga Beserta Dalilnya

Ahmadalfajri.comNama Nama Surga Beserta Dalilnya

Nama Nama Surga Beserta Dalilnya
Nama Nama Surga Beserta Dalilnya

Kabar gembira bagi orang yang beriman dan beramal saleh adalah mendapatkan balasan berupa surga di akhirat kelak. Kabar gembira ini dinyatakan oleh Allah dalam Alquran pada banyak ayat.

Apa itu surga ? Surga adalah Hadiqah (taman taman indah) yang di dalamnya terdapat berbagai pepohonan indah dan bangunan megah. Di bawah pepohonan dan bangunan megah itu mengalir air sungai.

Berkaitan dengan jumlah surga, terdapat 2 perbedaan pendapat dikalangan ulama mufassirin.

Pertama, jumlah surga adalah 4. Pendapat ini adalah sebuah penafsiran terhadap surat ar-rahman.

Di dalam satu ayat pada surat ar-rahman, Allah menyatakan akan menyediakan dua surga bagi orang beriman.

Dan pada ayat lainnya Allah juga menyediakan dua surga lainnya. Jadi, Dua surga ditambah 2 surga sama dengan menjadi 4 surga.

Macam Macam Surga

Kedua, jumlah surga ada tujuh. Pendapat ini  ini merujuk kepada sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abdullah Ibnu Abbas tentang nama nama surga dan tingkatannya.

Dalam riwayat tersebut terdapat penjelasan bahwa surga ada 8 Yaitu surga ‘Adn, Surga Makwa, Surga Firdaus, Surga Darussalam, Surga Darul Jalal, Surga Na’im, Surga Khuld, Surga Darul Qarar.

Berikut ini adalah nama nama surga dan artinya :

Surga Darul Jalal (Negeri yang tinggi) adalah surga yang segala isinya tercipta dari cahaya. Istana, bejana, pintu, perhiasan dan segalanya terbuat dari cahaya.

Darul Qarar (Negeri Ketetapan) adalah surga yang terbuat dari Marjan. Darusssalam (Negeri yang damai) adalah surga yang isinya semua terbuat dari Yaqut Merah.

Surga ‘Adn adalah surga yang isinya semua terbuat dari Zabarjad. Surga ‘Adn adalah surga paling mulia dari semua macam macam surga.

Baca Juga :  Mengenal Biografi Abu Bakar Assidiq

Surga Makwa (Negeri yang tinggi) adalah surga yang seluruh isinya terbuat dari emas merah.

Surga Khuld (Negeri kekal) adalah surga yang seluruh isinya terbuat dari perak. Surga firdaus adalah surga yang semua isinya terbuat dari mutiara (Lu’lu’).

Surga Na’im (Negeri penuh nikmat) adalah surga yang seluruh isinya terbuat dari permata Zamrud.

Mengetahui nama nama surga sangatlah penting. Apalagi kita sebagai orang tua atau guru pasti akan ditanya tentang sebutkan nama nama surga !

Sungai Dalam Surga

Tentang aliran air sungai surga, ada dua pendapat mufassir. Pertama, di surga ada galian khusus yang di dalamnya mengalir air sungai.

Pendapat ini memandang bahwa sungai di surga sama seperti sungai di dunia yaitu mengalir pada sebuah galian khusus.

Kedua, Air Sungai dalam surga mengalir diatas permukaan darat. Bukan seperti sungai di dunia yang airnya mengalir dibawah permukaan darat.

Dengan kuasa Allah, meskipun air sungai surga mengalir diatas darat tetapi tidak membuat lusuh permadani surga, tidak menumbangkan pepohonan dan tidak merobohkan bangunan.

Surga adalah taman. Dan aliran air adalah nyawanya keindahan taman. Tanpa aliran air, keindahan sebuah taman pasti tidak sempurna.

Persis seperti patung, meskipun indah ukirannya tetapi tetap tidak sempurna sebab tidak bernyawa.

Macam Macam Air Sungai Surga

Ada empat macam air sungai dalam surga yaitu:

  • Air sungai yang rasanya tidak asin
  • sungai susu
  • sungai khamar
  • sungai Madu

Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam Surat Muhammad ayat 15 :

فِیهَاۤ أَنۡهَـٰرࣱ مِّن مَّاۤءٍ غَیۡرِ ءَاسِنࣲ وَأَنۡهَـٰرࣱ مِّن لَّبَنࣲ لَّمۡ یَتَغَیَّرۡ طَعۡمُهُۥ وَأَنۡهَـٰرࣱ مِّنۡ خَمۡرࣲ لَّذَّةࣲ لِّلشَّـٰرِبِینَ وَأَنۡهَـٰرࣱ مِّنۡ عَسَلࣲ مُّصَفࣰّىۖ

Di sana ada sungai-sungai yang airnya tidak payau, dan sungai-sungai air susu yang tidak berubah rasanya, dan sungai-sungai khamar (anggur yang tidak memabukkan) yang lezat rasanya bagi peminumnya dan sungai-sungai madu yang murni.

Baca Juga :  Mengenal Sejarah Dan Tujuan Piagam Madinah

Demikian saja artikel kami tentang nama nama surga dan keindahannya. Semoga bermanfaat dan Terima Kasih.

Lihat Semuanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker