Kumpulan Doa Doa

Doa Untuk Orang yang Berangkat Haji Dan Umroh

Www.AhmadAlfajri.ComDoa Untuk Orang yang Berangkat Haji Dan Umroh

Doa Untuk Orang yang Berangkat Haji Dan Umroh
Doa Untuk Orang yang Berangkat Haji Dan Umroh

Salah satu adat istiadat yang sangat baik yang berlaku dalam masyarakat Indonesia adalah mengunjungi saudara, keluarga, Tetangga, kenalan yang akan berangkat menunaikan ibadah haji dan umrah.

Kedatangan mereka ke rumah calon jamaah haji adalah untuk mengambil berkah dan meminta doa. Sebab, di Mekah dan Madinah terdapat sangat banyak tempat-tempat yang mustajabah doa.

Mengunjungi orang yang akan menunaikan ibadah haji sekaligus meminta agar didoakan saat mereka sudah sampai di tanah suci.

Begitu juga sebaliknya. Orang yang akan berangkat melaksanakan ibadah Haji juga akan meminta didoakan agar diberikan keselamatan dan kelancaran dalam perjalanan melaksanakan ibadah Suci. Jalan jemaah haji juga minta untuk didoakan agar mendapatkan haji yang mabrur.

Oleh sebab itu Alangkah baiknya jika kita mengunjungi orang yang akan berangkat ke tanah suci adalah mendoakan Mereka agar diberikan kelancaran dalam perjalanan.

Berikut ini adalah redaksi doa yang dapat kita bacakan kepada ada calon jemaah haji. Doa di bawah ini adalah merupakan doa yang diajarkan oleh Nabi.

أَسْتَوْدِعُ اللَّهَ دِينَكَ وَأَمَانَتَكَ وَخَوَاتِيمَ عَمَلِكَ

Astawdi’ullaha diinaka, wa  amaanataka, wa khowaatiima ‘amalik

Aku menitipkan agamamu, amanahmu, dan perbuatan terakhirmu kepada Allah

Sumber doa tersebut adalah hadits Nabi yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar:

أَنَّ ابْنَ عُمَرَ كَانَ يَقُولُ لِلرَّجُلِ إِذَا أَرَادَ سَفَرًا ادْنُ مِنِّى أُوَدِّعْكَ كَمَا كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يُوَدِّعُنَا.فَيَقُولُ « أَسْتَوْدِعُ اللَّهَ دِينَكَ وَأَمَانَتَكَ وَخَوَاتِيمَ عَمَلِكَ 

Sesungguhnya Ibnu ‘Umar pernah mengatakan pada seseorang yang hendak bersafar, “Mendekatlah padaku, aku akan menitipkan engkau sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menitipkan kami, lalu beliau berkata: “Astawdi’ullaha diinaka, wa  amaanataka, wa khowaatiima ‘amalik (Aku menitipkan agamamu, amanahmu, dan perbuatan terakhirmu kepada Allah)

Ada juga redaksi doa lainnya yang dapat kita bacakan untuk orang yang akan berangkat melaksanakan ibadah ke tanah suci. Doa di bawah ini ini juga diajarkan oleh Nabi.

Baca Juga :  Doa Kamilin Lengkap dan Artinya

Anas bin Malik meriwayatkan sebuah hadits bahwa ada seseorang yang hendak berangkat menunaikan ibadah haji. Lalu Beliau mendatangi Rasulullah dan meminta agar didoakan. Dan Rasulullah berdoa:

زَوَّدَكَ اللَّهُ التَّقْوَى وَغَفَرَ ذَنْبَكَ  وَيَسَّرَ لَكَ الْخَيْرَ حَيْثُمَا كُنْتَ

Ada juga doa lain yang dapat kita bacakan untuk orang yang yang akan berangkat ke tanah suci. Doa di bawah ini adalah doa yang diajarkan oleh Imam Ghazali di dalam kitab Ihya Ulumuddin.

Doa ini dibaca setelah mengantar jamaah haji dan umroh:

  فِيْ حِفْظِ اللهِ وَكَنفِهِ وَزَوَّدَكَ اللَه التَّقْوَى وَغَفَرَ ذَنْبَكَ وَوَجَّهَكَ لِلْخَيْرِ أَيْنَمَا كُنْتَ

Fi hifdzillahi wa kanafihi wa zawwadakallahut taqwa wa ghafara dzanbaka wa wajjahaka lil khairi ainama kunta

Semoga engkau selalu dalam penjagaan Allah dan perlindungannya. Semoga Allah membekalimu dengan takwa, mengampuni dosa-dosamu, dan memberikan kebaikan di mana saja engkau berada

Lalu bacalah doa berikut ini:

اَللهم يَسِّرْلَنَا زِيَارَةَ مَكَّةَ وَمَدِيْنَةَ بِغَيْرِ كَدٍّ وَلَا مَشَقَّةٍ مَعَ السَّلَامَةِ وَاْلبَرَكَةِ وَبُلُوْغِ الْمَرَامِ مِرَارًا يَا اَللهُ  مَرَّةَ بَعْدَ مَرَّاتٍ يَا اَللهُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Ya Allah, mudahkanlah kami untuk dapat ziarah ke Mekkah dan Madinah, tanpa susah payah dan kesualitan dengan selamat dan barokah, dan terpenuhi cita-cita, berulang-ulang ya Allah, berkali- kali ya Allah, berkat rahmat-Mu Wahai Dzat Yang Maha Pengasih

Demikian saja artikel singkat kami tentang doa-doa yang dapat dibacakan untuk calon jemaah haji. semoga bermanfaat dan terima kasih.

Lihat Semuanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker