Bahasa

Kumpulan Kosakata Bahasa Sunda Sehari hari

Ahmad AlfajriKumpulan Kosakata Bahasa Sunda Sehari hari

Kumpulan Kosakata Bahasa Sunda Sehari hari
Kumpulan Kosakata Bahasa Sunda Sehari hari

Bahasa Sunda merupakan sebuah bahasa daerah yang cukup popular di Indonesia. Banyak acara-acara di televisi yang kadang-kadang diselipi dengan Bahasa Sunda.

Saya sendiri punya banyak teman chating dari Jawa Barat dan sering diajarin kosakata Bahasa Sunda yang sering digunakan. Dialeknya juga terasa sangat sopan, lembut dan tidak keras.

Pada artikel kali ini, saya ingin mensharing beberapa kosakata Bahasa Sunda yang sering digunakan sehari-hari. Dan saya sharing juga beberapa makna dari istilah Bahasa Sunda. Semoga bermanfaat kepada semua pembaca, terutama yang ingin berpergian ke Jawa Barat.

Kumpulan Kosakata Bahasa Sunda Sehari hari

NO

Bahasa Sunda

Artinya

1.        

Kumaha Anjeun Weh

Terserah Kamu Aja

2.        

Buruan Atuh

Cepetan Dong

3.        

Nuju Dimana?

Lagi Dimana

4.        

Emang Kunaon?

Emang Kenapa?

5.        

Lieur Ah

Pusing Ah/Bingung

6.        

Kasép Pisan

Ganteng Banget

7.        

Geulis Pisan

Cantik Banget

8.        

Bageur Pisan

Baik Banget

9.        

Kaduhung (Pisan)

Nyesel Banget

10.    

Gampil Pisan

Mudah Banget

11.    

Ngawadul

Ngabohong

12.    

Tong Asa-asa

Jangan Ragu-Ragu

13.    

Tong Hereuy Waé Atuh

Jangan Bercanda Mulu Dong

14.    

Tong Kitu Atuh

Jangan Begitu Dong

15.    

Tong Ngambek Atuh

Jangan Marah Dong

16.    

Tong Ngalamun

Jangan Melamun

17.    

Tong Hilap, nya

Jangan Lupa, ya

18.    

Tong Sok Api – Api

Jangan Suka Pura – Pura

19.    

Tong

Jangan

20.    

Sabodo Teuing

Bodo Amat

21.    

Nuju Ngantosan Saha

Lagi Nunggu Siapa

22.    

Nuju Milarian Naon

Lagi Nyari Apa

23.    

Kamana Deui

Kemana Lagi

24.    

Hilap Deui

Lupa Lagi

25.    

Nya Enya Atuh.

Ya Iya Dong

26.    

Kadieu atuh

Kesini Dong

27.    

Kumaha Engké Weh

Gimana Nanti Aja

28.    

Angger weh!

Tetep Aja!

29.    

Kumaha Anjeun Wéh

Terserah Kamu Aja

30.    

Hareudang Euy

Gerah Ih

31.    

Gelo Manéh

Gila Kamu

32.    

Terang teu?

Tahu nggak?

33.    

Geleuh Ih

Jijik Ih

34.    

Sugan teh saha

Kirain Siapa

35.    

Namina Saha?

Namanya Siapa?

36.    

Hoyong / Hayang

Pengen

37.    

Tunduh Euy

Ngantuk Ih

38.    

Horéam Ah

Males Ah

39.    

Bade, Moal?

Jadi Nggak?

40.    

Dangukeun

Dengarkan

41.    

Nu Leres

Yang bener?

42.    

Rame Jigana

Seru Kayaknya

43.    

Loba Kahayang

Banyak Maunya

44.    

Karunya Teuing

Kasihan

45.    

Sakedap Deui

Sebentar Lagi

46.    

Ngan Kitu Hungkul

Cuma Gitu Doang

47.    

Tipayun nya!

Duluan ya!

48.    

Ari Eta Teh Naon

Kalau Itu Apaan?

49.    

Aya Naon?

Ada Apa

50.    

Nanaonan Ieu

Apa – Apaan Ini

51.    

Nuju Naon

Lagi Ngapain?

52.    

Kunaon

Kenapa

53.    

Naon

Apa

54.    

Kamana

Kemana

55.    

Timana

Darimana

56.    

Iraha

Kapan

57.    

Kumaha

Bagaimana

58.    

Badé Kamana?

Mau Kemana?

59.    

Kumaha, Damang?

Bagaimana, Sehat?

60.    

Aya – Aya Waé

Ada – Ada Saja

61.    

Hatur Nuhun

Terima Kasih

62.    

Punten

Permisi

Baca Juga :  Kumpulan Kata Kata Mutiara Bahasa Arab

Penggunaan Kosakata Bahasa Sunda Sehari-Hari

Sabodo Teuing = Bodo Amat

Sikap pasrah seseorang karena tak berdaya menghadapi sesuatu hal sehingga akhirnya memilih untuk menyerah dan berlepas diri dari hal tersebut  

Bade, Moal! =  Jadi, Nggak!

Sebuah pertanyaan untuk mengetahu kepastian seseorang. Kata lain dari ungkapan ini adalah “Arek Moal”. Namun penggunaannya lebih Informal.

Karunya Teuing = Kasihan

Karunya bermakna “kasihan”, sedangkan teuing hanyalah kata akhiran saja. Sering juga diucap dengan kata “Karunya pisan” yang artinya kasihan sekali.

Sakedap Deui = Sebentar Lagi

Sebuah pernyataan bahwa sesuatu akan dilakukan/datang/muncul dalam waktu yang tidak lama lagi.

Tipayun, nya! = Duluan, ya!

Kata ini digunakaan saat ingin pulang duluan. Selain kata ini, ada juga kata yang memiliki dialeg lebih sopan yaitu “Tipayun, nya!”

Bade Kamana? = Mau Kemana?

Kosakata ini merupakan salah satu kata yang sangat halus dan sopan. Penggunaannya adalah sebagai pertanyaan arah tujuan seseorang. Selain kata ini, ada juga kosakata yang bermakna sama tetapi digunakan kepada orang yang sudah kita kenal dan dekat

Kumaha, Damang? = Bagaimana, Sehat?

Kosakata ini paling sering didengar dimana saja karena maknanya adalah menanyakan kabar seseorang yang kita jumpai. Kalau ada kawan chating anda yang bertanya Kumaha, Damang?, Jawablah: Alhamdulillah, Damang. Artinya, Alhamdulillah sehat.

Aya-Aya Wae = Ada – ada saja

Kosakata ini digunakan biasanya saat bertemu sahabat dengan tingkah konyol nya.

Hatur Nuhun = Terima Kasih

Digunakan sebagai bentuk rasa terima kasih kita kepada seseorang yang telah membantu kita. Bisa juga diucapkan dengan kata “Nuhun” saja, tetapi lebih halus dan lebih mulia jika diucapkan secara penuh “Hatur Nuhun”.

Punten = Permisi / Maaf

Kosakata ini digunakan biasanya saat kita melewati sebuah tempat yang sedang ramai orang. Biasanya akan dijawab oleh orang yang kita lewati dengan kata “Mangga” yang artinya silahkan.

Baca Juga :  Tulisan Assalamualaikum Bahasa Arab Yang Benar

Sering juga digunakan sebagai bentuk rasa permintaan maaf kita kepada seseorang atas sebuah tindakan yang tidak sengaja kita lakukan.

Demikian saja artikel kami tentang Kumpulan Kosakata Bahasa Sunda Sehari hari . Semoga bermanfaat.

Tags
Lihat Semuanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker