Download Kitab

Mengenal Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap

Ahmad AlfajriMengenal Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap

Mengenal Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap
Mengenal Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap

Bahasa  merupakan  salah  satu  unsur kebudayaan  umat  manusia  yang  membedakan suatu kelompok masyarakat dengan kelompok masyarakat lainnya. Bahasa pun merupakan unsur bunyi yang menjadi alat komunikasi manusia satu dengan  manusia yang lain dalam menyampaikan ide-idenya.

Salah satu bahasa yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia saat ini adalah bahasa Arab khususnya di kalangan pelajar muslim. Banyak kosa kata Bahasa Arab yang penggunaanya sangat ngetred seperti kata akhy, ukhty, ikhwan fillah dan lain sebagainya. 

Selain itu, Bahasa Arab menjadi sebuah mata pelajaran wajib pada setiap lembaga pendidikan Islam. Mulai dari Madrasah Ibtidaiyyah Negeri (MIN), Tsanawiyah (MTSN), Aliyah (MAN) hingga Perguruan Tinggi Islam. Dan bahkan pada lembaga pendidikan umum, Bahasa Arab sudah mulai dijadikan sebagai MKU (Mata Kuliah Umum).

Kehadiran Kamus Al-Munawir Arab-Indonesia Terlengkap menjadi salah satu sarana penting untuk   meningkatkan penguasaan mufarad (kosakata) bagi pelajar. Mufaradat atau kosakata adalah unsur utama dalam keterampilan  berbahasa,  karena  kosakata memiliki peranan yang sangat penting berkenaan dengan komunikasi.

Mengenal Kamus Al-Munawwir

Kamus al-Munawwir adalah kamus paling popular dan diminati oleh pelajar Indonesia. Kamus Al-Munawwir yang tebal halamannya mencapai 1634 halaman, dicetak setiap tahunnya lebih dari 15 ribu kali percetakan.

Kamus Al-Munawwir karya KH. Ahmad Warson Munawwir ini adalah kamus paling laris di Indonesia. Salah satu kelebihan Kamus Al-Munawwir adalah adanya tampilan gambar pada mufradat tertentu seperti kendaraan dan hewan.

Santri pondok pesantren di seluruh Indonesia adalah golongan yang paling banyak menuai manfaat dari Kamus Al-Munawwir dalam memahami kata atau mufradat dalam Kitab Kuning.

Sebelum menyusun Kamus Al-Munawwir, KH.Ahmad Warson adalah sosok tokoh yang punya kecerdasan dan perbendaharaan bahasa cukup banyak. Dibawah bimbingan dan arahan dua guru beliau yaitu KH Ali Maksum dan KH Bisri Musthofa Rembang, lahirlah sebuah karya yang cukup bermanfaat kepada umat yaitu Kamus Al-Munawir ARAB-INDONESIA TERLENGKAP

KH. Ahmad Warson Al-Munawwir lahir pada tanggal 20 Sya’ban 1353 Hijriyah dan wafat pada tahun 2013 M. Kamus ini mulai beliau susun saat masih menjadi santri di pondok pesantren Al-Munawwir, dan selesai saat beliau sudah menjadi salah seorang pengasuh pada pondok pesantren tersebut.

Komentar Penyusun Kamus

Menyusun sebuah kamus bahasa Arab-Indonesia yang lengkap sebagaimana yang tersirat pada teks judul “Terlengkap” memang sangatlah berat –kalau tidak boleh dikatakan mustahil. Selain harus dikerahkan banyak energi, pikiran, tenaga, waktu. Juga, biaya yang besar. Maka masih ada saja celah penyebab ketidaklengkapan itu.

Masalah yang utama adalah adanya perkembangan perbendaharaan bahasa Arab seiring dengan pesatnya perkembangan budaya dan teknologi dalam era globalisasi. Sehingga ada saja di sana sini istilah baru dan koleksi baru kata-kata serapan yang bermunculan. Namun, tentu saja kita maklumi bersama, bahwa melengkapi isi kamus Al-Munawwir dengan menambahkan perbendaharaan kata-kata baru akan jauh lebih mudah ketimbang proses penyusunan dari awal.

Keunikan Kamus Al-Munawwir

Populernya Kamus Al-Munawwir dan banyaknya manfaat yang diambil oleh para pelajar Indonesia, tidak terlepas dari metode penulisan yang dilakukan oleh KH. Ahmad Warson Al-Munawwir

  • Pertama, kamus ini ditulis selama 15 tahun.

Lamanya masa penyusuna sebuah karya akan berdampak pada semakin banyak kualitas karya tersebut. Dalam masa tersebut, Penulis punya banyak waktu untuk mengoreksi tulisannya dan menambahkan hal hal yang perlu ditambahkan. Kamus Al-Munawwir launching perdana pada tahun 1976. Tapi saat itu masih dalam bentuk tulisan, bukan dalam bentuk printing.

  • Kedua, Metode setoran pentashihan.

Setiap satu halaman selesai disusun oleh KH. Ahmad Warson Al-Munawwir, beliau menjumpai guru beliau (sekaligus abang ipar) yaitu KH. Ali Maksum. KH. Ahmad Warson Al-Munawwir akan memperbaiki karyanya sesuai dengan hasil koreksi dari guru beliau.

  • Ketiga, sistematis.

Sistematika yang digunakan dalam menyusun Kamus Al-Munawwir sangat cocok dengan pembelajaran santri pelajar yang mendalami kitab kuning. Sistematika Kamus dipadukan konsep kitab dan Ilmu Tashrif. Jadi, jika ingin mengetahui makna dari kata Mazhab, caranya terlebih dahulu mengetahui derivasi kata Mazhab yaitu ZA HA BA.

Download Kamus Al-Munawwir

Demikian saja artikel singkat dari kami tentang Mengenal Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap. Disini, kami juga memberikan link untuk mendowload Kamus Al-Munawwir. Jika nantinya ada link yang error atau tidak valid, silahkan ditulis pada kolom komentar.

Nama : Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap.

Penulis : Ahmad Warson Munawwir.

Penerbit : Pustaka Progressif, Surabaya.

Halaman : 1595.

File : PDF.

Ukuran : 96 MB

Download Disini

Tags
Lihat Semuanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker