Download Kitab

Kitab Nashaihul Ibad Karya Syeikh Nawawi

Ahmad AlfajriKitab Nashaihul Ibad Karya Syeikh Nawawi

Nashaihul Ibad Karya Syeikh Nawaw Syarahan kitab Ibu Hajar Asqalanii
Kitab Nashaihul Ibad Karya Syeikh Nawawi

Sesuai dengan Namanya, Kitab Nashaihul Ibad ini penuh dengan mutiara nasehat dan petunjuk bagi umat. Kitab ini dipersembahkan oleh Syekh Nawawi al Bantani kepada umat Islam agar dapat dijadikan sebagai pedoman dan rujukan berperilaku sesuai tuntunan syariat Islam.

Kitab Nashaihul Ibad ini, jika dipahami dengan mendalam dan diamalkan dengan ikhlas, maka dapat mengantarkan seseorang pada kebersihan hati, kesucian jiwa dan kesantunan budi pekerti.

Biografi Syeikh Nawawi Al-Bantani

Syeikh Nawawi Al-Bantani, nama lengkap beliau adalah Abu Abdul Mu’thi Muhammad Nawawi bin ‘Umar bin Arabi al-Jawi al-Bantani. Beliau dilahirkan di kampung Tanara pada tahun 1230 H/ 1813 M, Kecamatan Tirtayasa Kabupaten Serang, Banten, Jawa Barat.

Syeikh Nawawi Al-Bantani wafat pada usia 84 tahun, yaitu pada tanggal 25 Syawal 1314 H/1897 M. Jenazah beliau dimakamkan dipemakaman Ma’la Mekkah, berdekatan dengan makam Ibnu Hajar dan Siti Asma binti Abu Bakar As Shiddiq.

Syeikh Nawawi Al-Bantani wafat saat sedang menyusun sebuah kitab syarahan Minhaj al Thalibin karya Imam Nawawi.

Syeikh Nawawi adalah seorang ulama yang produktif. Karya tulis yang beliau hasilkan mencapai angka 115 Kitab. Berikut ini adalah sebagian dari karya Syeikh Nawawi:

  • Bahjat al-Wasa’il bi Syarhil Masa’il.
  • Fath al-Majid.
  • Tijan  al-Darari.
  • Al Nahjah al-Jadidah.
  • Dzari’ah al-yaqin ‘ala Umm al-Barahain.
  • Salalim  al-Fudlala.
  • Nur al-Dhalam
  • Qami’al Thughyan.
  • Marraqi ’Ubudiyyat.
  • Nashaih al-Ibad.

Mengenal Kitab Nashaihul Ibad

Seperti yang sudah kita ketahui di atas bahwa Kitab Nashaih al Ibad merupakan salah satu di antara karya Syaikh Nawawi. Judul lengkap kitab tersebut adalah Nashaih al Ibad fi Bayan AlFaz Munabbihat ‘Ala al-Isti’dad li Yawm al-Ma’ad (nasehat-nasehat kepada hamba, penjelasan terhadap lafaz-lafaz kitab, peringatan terhadap persediaan diri pada hari kiamat).

Kitab ini adalah syarahan atas kitab karya Ibnu Hajar al Asqalani.  Kitab Nashaih al Ibad selesai disusun oleh Syeikh Nawawi Al-Bantani pada hari kamis tanggal 21 Safar tahun 1314 H.

Kitab Nashaih al Ibad ini ditulis oleh Syaikh Nawawi dalam Bahasa Arab. Diawali dengan Muqaddimah (pendahuluan)  berupa Basmalah, Tahmid dan shalawat kepada baginda Nabi Muhammad. Lalu beliau  mendeskripsikan bahwa kitab Nashaih al Ibad adalah syarahan atas kitab Munabbihat ‘Ala al-Isti’dad li Yawm al-Ma’ad karya Ibnu Hajar al Asqalani.

Pada bagian awal Kitab, Syaikh Nawawi memulai penulisan dengan dua buah hadits Nabi Muhammad. Kedua hadis ini adalah hadis dimana Syaikh Nawawi mendapatkan ijazah sanad. Artinya, Sanad kedua hadis tersebut tersambung hingga pada Rasulullah.

Hadits yang pertama diijazahkan oleh guru beliau yaitu Syaikh Muhammad  Khatib  al-Syami  al-Hanbali. Adapun hadits  yang kedua diijazahkan oleh Sayyid Muhammad al- Masri.

Download Kitab Nashaihul ibad

Disini kami sediakan link untuk mendownload Kitab Nashaihul Ibad Karya Syeikh Nawawi. Ada tiga file, yaitu Nashaihul ibad versi Bahasa Arab, Nashaihul ibad Terjemahan versi pertama, dan Nashaihul ibad terjemahan versi ke dua.

Download Disini

Tags
Lihat Semuanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker