Download Kitab

Mengenal Kitab Mughni Muhtaj Karya Syirbini

Ahmad AlfajriMengenal Kitab Mughni Muhtaj Karya Syirbini

Mengenal Kitab Mughni Muhtaj Karya Syirbini
Mengenal Kitab Mughni Muhtaj Karya Syirbini

Salah satu karya Imam Nawawi yang sangat penting dalam khazanah Fiqih Syafiiah adalah Kitab Minhajut Thalibin. Dan salah satu dari sekian banyak Syarah Kitab Minhajut Thalibin yang terbaik adalah Kitab Mughni Muhtaj (مغني المحتاج).

Judul lengkapnya adalah Mughni Al-Muhtaj Ila Ma’rifati Ma’ani Alfazhi Al-Minhaj (مغني المحتاج إلى معرفة ألفاظ المنهاج). Kadang sering disebut secara singkat yaitu Kitab Mughni atau Mughni Muhtaj.

Lafaz Mughni pada dasarnya bermakna mencukupi. Dan Lafaz Muhtaj secara bahasa bermakna orang yang membutuhkan. Jadi, dalam judul kitab tersimpan doa dan harapan penyusunnya bahwa siapa saja yang ingin memahami Kitab Minhaj Imam Nawawi secara lengkap maka Kitab Mughni Muhtaj ini bisa dijadikan sebagai andalan.

Biografi Khatib Syirbini

Kitab Mughni Muhtaj ini disusun oleh seorang ulama besar asal Mesir yang bernama Syamsuddin Muhammad bin Ahmad Al-Syirbini.

Ada beberapa model penyebutan kata “Al-Syirbini” yang beredar di masyarakat seperti Al-Syarbini, Al-Syarbaini dan juga Al-Syurbuni. Dan penyebutan yang benar adalah Al-Syirbini.

Al-Syirbini adalah penisbahan pada sebuah nama desa yang ada di provinsi Daqahlia yaitu desa Syirbin, Mesir.

Penyusun Kitab Mughni ini juga kerap dipanggil dengan Khatib, sebab beliau memang berprofesi sebagai khatib disebuah Masjid. Dan nama beliau diabadikan sebagai nama Masjid tersebut.

Beliau hidup dalam pergolakan politik yang begitu dahsyat. Beliau sempat merasakan kepemimpinan Daulah Mamalik dan juga sempat melihat keruntuhan Daulah Utsmaniyah.

Keilmuan dan Kesalehan

Kualitas keilmuan Khatib Syirbini tidak terlepas dari kualitas keilmuan para guru yang mendidik beliau. Sebut saja Syekh Ahmad Al-Burullusi pengarang Kitab Hasyiyah ‘Amirah, Syekh Syihabuddin Ramli ayahanda dari Syekh Syamsuddin Ramli sebagai Muharrir dalam dalam Mazhab Syafii.

Baca Juga :  Mengenal Kitab Faidhul Ilahil Malik

Kealiman Khatib Syirbini diakui oleh para guru beliau. Bahkan beliau diizinkan oleh para gurunya untuk berfatwa saat guru guru beliau masih hidup.

Khatib Syirbini bukan hanya sekedar alim, tapi beliau juga seorang abid. Mulai dari tanggal 1 Ramadhan, beliau sudah mulai beriktikaf dan keluar saat hari raya Idul Fitri.

Mengenal Kitab Mughni Muhtaj Karya Syirbini

Kitab Mughni Muhtaj ini lahir setelah Khatib Syirbini merampungkan Kitab Syarahan atas Kitab Tanbih Imam Syairazi. Saat itu, ada beberapa ulama yang menyarankan Khatib Syirbini untuk menulis sebuah karya yang berbentuk Syarahan atas Kitab Minhaj Imam Nawawi.

Saran tersebut tidak langsung diiyakan oleh Khatib Syirbini. Masih ada rasa keraguan dalam hati sanubari beliau apakah mampu untuk melakukannya ataukah tidak?

Pada sebuah kesempatan saat berziarah ke Maqam Nabi Muhammad di Madinah, Khatib Syirbini melaksanakan Shalat Istikharah. Setelah itu, muncul keyakinan dan kelapangan dalam Hati Khatib Syirbini.

Referensi yang digunakan oleh Khatib Syirbini dalam menyusun Kitab Mughni adalah seluruh Kitab Syarahan Minhajut Thalibin. Selain itu, beliau juga merujuk pada seluruh kitab karya Syekhul Islam Zakariyya Al-Anshari. Dan tentunya, beliau banyak menukil ungkapan ungkapan dari guru beliau yaitu Syihabuddin Ramli.

Metode Penulisan

Seluruh kalimat dan ungkapan dalam Kitab Minhaj, dijelaskan dengan terang oleh Khatib Syirbini. Mafhum dari sebuah Kata juga beliau terangkan, sehingga memudahkan bagi pelajar yang sedang mendalami Kitab Minhaj.

Metode penulisan beliau tidak bertele-tele, fokus dan tepat sasaran. Setiap penjelasan hukum, pasti beliau sebutkan dalilnya dan cara memahami dalil.

Khatib Syirbini akan menerangkan pendapat paling muktamad jika ada perbedaan pendapat antara Ashabul Wujuh dan ulama Mutaakhhirin.

Kitab Mughni disusun dengan Bab secara teratur dan mudah untuk dicari. Dan beliau sertakan Takhrij Hadits pada hadits yang memerlukan takhrij.

Baca Juga :  Kitab Hasyiyah Jarhazi Karya Imam Jarhazi

Untuk memudahkan para pelajar, Khatib Syirbini menerangkan istilah istilah yang ada dalam Kitab Mughni Muhtaj pada bagian Mukaddimah.

Istilah istilah tersebut adalah:

NO

ISTILAH

TULISAN ARAB

MAKSUD

1.        

Syaikhuna

شيخنا

Syaikhul Islam Zakariyya Al-Anshari

2.        

Syaikhi

شيخي

Syihabuddin Ar-Ramli

3.        

Asy-Syarih

الشارح

Jalaluddin Al-Mahalli

4.        

Asy-Syaikhon

الشيخان

Nawawi dan Rafi’i

5.        

Qaalaa

قالا

Nawawi dan Rafi’i

6.        

Naqalaa

نقلا

Nawawi dan Rafi’i

7.        

Tarjih

الترجيح

Tahrir Imam Nawawi dan Rafi’i

Khatib Syirbini meninggal dan dimakamkan di Kota Kairo, tepatnya setelah Ashar pada hari Kamis 2 Syakban pada Tahun 977 H.

Download Kitab Mughni Muhtaj

Judul : Mughni Al-Muhtaj Ila Ma’rifati Ma’ani Alfazhi Al-Minhaj
Judul Arab : مغني المحتاج إلى معرفة ألفاظ المنهاج
Penulis : Syamsuddin Muhammad bin Ahmad Al-Syirbini
Nama Arab : شمس الدين محمد ابن الحسن بن احمد الشربيني
Pentahqiq : Muhammad Khalil ‘Aitani
Penerbit : Dar Al-Makrifah
Cetakan : 1
Tahun : 1997
Jilid : 4 Juzuk
Halaman : –
PDF : File
Ukuran : 76 MB

Download Juzuk Pertama (Bab Thaharah – Bersuci) – Juzuk Kedua (Bab Bai’ – Laqith) – Juzuk Ketiga (Bab Faraidh – Nafaqah) – Juzuk Keempat (Bab Al-Jarah – Ummahatul Awlad)

Lihat Semuanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker