Download Kitab

Mengenal Kitab Risalah Laduniyah Karya Imam Ghazali

Rahasia Ilmu Laduni

Ahmad AlfajriMengenal Kitab Risalah Laduniyah Karya Imam Ghazali

Mengenal Kitab Risalah Laduniyah Karya Imam Ghazali
Mengenal Kitab Risalah Laduniyah Karya Imam Ghazali

Ilmu laduni dipercayai sebuah ilmu yang datang sendirinya tanpa melalui proses pembelajaran. Jika anda ingin mengetahui lebih dalam tentang Ilmu Laduni, ada sebuah karya monumental karya Imam Ghazali yang dapat ditelaah. Judul Kitabnya Risalah Al-Ladunniyyah.

Jumlah halaman Kitab Risalah al Laduniyyah tidak sampai 40 halaman. Sebuah kitab tipis dan ringkas tapi luas makna, bobot dan kualitasnya. Isinya sangat spektakuler dan mencakup banyak aspek bidang keilmuan seperti Filasafat, teologi, tafsir dan lain sebagainya.

Latar Belakang Penulisan

Imam Ghazali dalam Mukadimah Kitab menjelaskan latar belakang penyusunan Kitab ini.
Intinya adalah kegelisahan hati beliau melihat beberapa intelektual mengklaim Ilmu Laduni sebagai mitos.

Dari sisi lain, Imam Ghazali juga melihat ada beberapa tokoh sufi yang terlalu mempercayai Ilmu Laduni, hingga sampai pada tahap menganggap Ilmu Laduni lebih valid dibandikan ilmu yang diperoleh dari sistem pembelajaran.

Kegelisahan inilah yang membuat tekad Imam Gjazali mengulas topik Ilmu Laduni dalam bentuk tulisan agar dapat dijadikan panduan oleh umat menyikapi 2 pihak yang kontras berbeda mengenai Ilmu Laduni.

Dalam menulis topik Ilmu Laduni, Imam Ghazali memposisikan diri beliau sebagai seorang ilmuwan dan juga sufi. Secara Ilmuwan, beliau tidak langsung mengklaim Ilmu Laduni sebagai mitos. Secara Sufi, beliau akan menggunakan dalil dalil ilmiyah tentang Ilmu Laduni.

Dalam Kitab Risalah Al-Ladunniyyah, Imam Ghazali sempat mengkritisi kelompok intelektual yang mengganggap Ilmu laduni sebagai mitos. Kritikan ini cukup mengena, sebab Imam Ghazali adalah seorang intelektual dan juga seorang sufi. Pada diri beliau terdapat dua keilmuan besar.

Imam Al-Ghazali mengatakan:

Sudah menjadi hal yang lumrah, bahwa seseorang akan cenderung menolak sesuatu yang ia tidak ketahui. Oleh sebab itu, bagaimana mungkin mereka dapat menerima ilmu laduni, sementara mereka sama sekali belum pernah merasakan hakikat dan menelaah ilmu ini

Ada 5 pasal dalam Kitab Risalah Al-Ladunniyyah. Yang disusun Imam Ghazali untuk menguatkan argumentasi bahwa Ilmu Laduni itu fakta, bukan mitos. Menariknya, argumentasi yang dibangun oleh Imam Ghazali menggunakan konsep logika kelompok rasionalis.

Download Kitab Risalah Al Ladunniyah

Jika anda ingin mendalami lebih jauh Risalah Al-Ladunniyyah, disini kami sediakan link untuk downlaod Kitab Risalah Al-Ladunniyyah. Kitab ini juga sudah diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia oleh Kaserun judulnya Rahasia Ilmu Laduni & Hikmah Penciptaan Makhluk

Download Disini

Tags
Lihat Semuanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker