Download Kitab

Mengenal Kitab Umdatul Ahkam Karya Al-Maqdisi

Ahmad AlfajriMengenal Kitab Umdatul Ahkam Karya Al-Maqdisi

Mengenal Kitab Umdatul Ahkam Karya Al-Maqdisi
Mengenal Kitab Umdatul Ahkam Karya Al-Maqdisi

Kitab Umdatul Ahkam adalah kitab yang membahas tentang hukum hukum islam dan merujuk langsung kepada Hadits Nabi Muhammad. Kitab Umdatul Ahkam merupakan hasil karya Imam Abdul Ghani bin Abdul Wahid al-Maqdisy (541-600 H).

Latar belakang penulisan Kitab Umdatul Ahkam dijelaskan oleh Imam Abdul Ghani bin Abdul Wahid al-Maqdisy pada bagian mukaddimah. Intinya adalah terkait dengan permintaan beberapa sahabat penulis agar menulis sebuah yang berbentuk ringkasan ringkasan hadits yang disepakati oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim.

Jika kita sudah membaca mukaddimah kitab, maka langsung dapat kita baca bahwa isi kitab Umdatul Ahkam adalah hadits hadits ahkam yang berbasis pada hadits yang disepakati oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim.

Dalam istilah Ulumul Hadits, hadits yang disepakati oleh Imam Bukhari dan Muslim disebut sebagai hadits Muttafaqun Alaih yaitu hadis yang disepakati. Dan populer juga dengan istilah Shahihain yaitu hadis yang terdapat dalam dua Kitab Sahih.

Meskipun demikian, bukan berarti semua hadits hukum yang disepakati oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim terdapat dalam Kitam Umdatul Ahkam ini.

Buktinya, jika kita bandingkan dengan Kitab Bulughul Maram karya al-Hafiz Ibnu Hajar maka terlihatlah banyak hadis muttafaqun Alaih dalam Bulughul Maram dan tidak tertera dalam Kitab Umdatul Ahkam.

Umdah secara bahasa Arab bermakna pegangan. Dari Judul Kitab, dapat dipahami bahwa tujuan kitab ini disusun adalah agar menjadi pegangan dasar dalam bidang Hukum Islam bagi orang yang ingin menyelami lautan hukum fikih.

Dalam Kitab Umdatul Ahkam terdapat 420 Hadits. Dan jumlah ini akan berbeda sesuai dengan cetakan penerbit. Seluruh hadits tersebut dibagi dalam 20 pembahasan (Kitab). Dan dalam setiap Kitab dibagi dalam pada beberapa bagian (bab).

Baca Juga :  Pendapat Qadim dan Jadid Imam Syafii

Keistimewaan Kitab Umdatul Ahkam

Syeikh al-Syinqithi menerangkan bahwa ada dua keistimewaan dan kelebihan Kitab Umdatul Ahkam, yaitu:

  • Seluruh hadits yang terdapat di dalamnya kualitasnya adalah sangat sahih sebab sudah disepakati oleh 2 imam besar Hadits yaitu Imam Bukhari dan Muslim.
  • Hadits hadits yang terdapat di dalamnya sudah disortir dengan baik. Hadits hadits yang bebas dari iktilaf saja yang dimasukkan dalam Kitab Umdatul Ahkam.

Penutup

Tentunya, untuk mendalami lebih jauh Kitab Umdatul Ahkam diperlukan kitab kitab lainnya seperti Matan Taqrib, Bajuri, Ianatut Thalibin dan lainnya. Sebab, akan sangat sulit untuk memahami permasalahan hukum langsung dari Hadits.

Diperlukan penjelasan para ulama fikih terkait hadits tersebut. Dan biasanya penjelasan tersebut ditulis dalam kitab yang bergenre fikih seperti yang saya sebut diatas. Cuma, dalam Kitab Fikih dasar tidak disebutkan lagi hadisnya. Hanya kesimpulan hukum saja.

Download Kitab Umdatul Ahkam

Judul : Umdatul Ahkam min Kalam Khairil Anam
Judul Arab : عمدة الأحكام من كلام خير الأنام
Penulis : Abdul Ghani bin Abdul Wahid al-Maqdisi
Nama Arab : أعبد الغني بن عبد الواحد المقدسي تقي الدين أبو محمد
Pentahqiq : Mahmud Al-Arnauth
Penerbit : Dar Al-Tsaqafah al-‘Arabiyah
Cetakan : 2
Tahun : 1988
Jilid : 1 Juzuk
Halaman : 318
PDF : File
Ukuran : 4 MB

Download Disini Untuk Versi Arab – Download Disini Untuk Versi Terjemahan

Lihat Semuanya

3 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker