PendidikanTips&Triks

Cara Mendapatkan Beasiswa s2 Luar Negeri

www.ahmadalfajri.comCara Mendapatkan Beasiswa s2 Luar Negeri

Cara Mendapatkan Beasiswa s2 Luar Negeri
Cara Mendapatkan Beasiswa s2 Luar Negeri

Setelah menyelesaikan studi Strata 1, banyak mahasiswa yang berminat untuk melanjutkan S2 ke luar negeri. Tentunya, jalur yang ditempuh adalah jalur beasiswa.

Biaya kuliah dan biaya hidup di luar negeri sangatlah tinggi. Jika melanjutkan kuliah S2 ke luar negeri dengan biaya pribadi, Pasti akan sangat sulit.

Jika Anda berminat untuk mengambil dan memperoleh beasiswa S2 luar negeri, ada empat tahapan yang perlu Anda lakukan.

Empat Tahapan Memperoleh Beasiswa S2 Luar Negeri

Jujur, artikel yang kami tulis ini tidak menjamin 100% Anda akan lulus beasiswa S2 luar negeri. Tetapi, setiap mahasiswa penerima beasiswa S2 luar negeri pasti melakukan Empat tahapan berikut ini:

Menentukan kampus idaman

Tahapan pertama adalah menentukan kampus mana yang akan menjadi target studi S2. Tahapan ini adalah sangat penting agar kita dapat menggali informasi secara akurat dan lebih mendalam tentang kampus tersebut.

Contohnya, jika anda kuliah S1 jurusan bahasa Arab. Maka, pastikan kampus S2 sebagai target Anda juga memiliki jurusan bahasa Arab.

Jika antara jurusan studi S1 dengan jurusan studi S2 tidak sinkron, maka hal tersebut pasti akan menghambat anda untuk mendapatkan beasiswa S2 luar negeri. Sebab, seleksi beasiswa S2 luar negeri sangat ketat.

Melengkapi semua persyaratan Kampus

Setiap kampus memiliki persyaratan yang berbeda. Tetapi, ada beberapa persyaratan yang lazim diminta oleh pihak kampus luar negeri itu sertifikat IELTS, motivation letter, future planning, cover letter dan surat rekomendasi dari akademik.

Baca Juga :  cara belajar efektif dan efisien

Persyaratan tersebut sudah harus diketahui, dipahami dan dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum masa pendaftaran berakhir. Adapun surat rekomendasi, Anda dapat meminta kepada profesor yang anda kenal. Lebih baik adalah pembimbing skripsi anda.

Untuk mendapatkan beasiswa S2 luar negeri, semua persyaratan tersebut harus dilampirkan. Satu saja persyaratan yang tidak dapat dipenuhi, berarti anda telah gugur dari calon penerima beasiswa S2 luar negeri.

Anda Memiliki LOA

LOA adalah singkatan dari letter of acceptance yaitu surat bukti bahwa calon mahasiswa telah diterima di kampus yang dituju.

Jadi, sebelum anda mendaftar sebagai penerima beasiswa S2 luar negeri, anda sudah harus mendaftar dan diterima di kampus yang anda tuju.

Surat bukti bahwa anda telah diterima (LOA) itulah yang harus anda lampirkan sebagai persyaratan penting untuk memperoleh dan menerima beasiswa S2 luar negeri.

Jangan harap, Anda mendapatkan beasiswa S2 luar negeri tanpa adanya surat bukti tersebut.

Memilih beasiswa secara tepat

Tahapan terakhir yang juga sangat penting adalah memilih beasiswa secara tepat. Maksudnya adalah di mana anda ingin berkarir setelah menyelesaikan studi S2 tersebut.

Jika anda memiliki rencana untuk berkarir di dalam negeri maka Pilihlah beasiswa dari lpdp (lembaga pengelola dana pendidikan).

Sebab, lembaga pengelola dana pendidikan mewajibkan penerima beasiswa S2 luar negeri untuk mengabdi di Indonesia setelah lulus kuliah.

Adapun Jika anda ingin berkarir di luar negeri, maka Pilihlah beasiswa yang tidak terikat seperti beasiswa Pemerintah Daerah atau beasiswa gubernur.

Penutup

Anda harus sudah mempersiapkan pengajuan, minuman 1 tahun sebelum pendaftaran dibuka. Tujuannya adalah agar anda dapat mempersiapkan diri dan melengkapi berkas yang begitu banyak.

Ketahuilah bahwa persaingan memperoleh beasiswa S2 luar negeri sangat ketat. Lawan Anda adalah orang-orang cerdas dan berkualitas. Oleh sebab itu, persiapkan diri anda sedini dan sebaik mungkin.

Baca Juga :  Contoh Laporan Praktikum Biologi Lengkap

Oh iya, Langkah terakhir yang paling urgen dan jangan anda lewati yaitu berdoa. Ketahuilah, doa sangat menunjang kesuksesan usaha anda.

Demikian saja artikel singkat kami tentang tips memperoleh beasiswa S2 luar negeri. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tags
Lihat Semuanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker