Tips&Triks

Tips Memilih Catering untuk Pesta Pernikahan

www.AhmadAlfajri.comTips Memilih Catering untuk Pesta Pernikahan

Tips Memilih Catering untuk Pesta Pernikahan
Tips Memilih Catering untuk Pesta Pernikahan

Salah satu bisnis yang cukup berkembang dalam beberapa tahun ini adalah layanan katering. Acara seminar, aqiqah, ulang tahun, hingga resepsi pernikahan, banyak menggunakan layanan catering.

Para pengelola katering saling bersaing mempromosikan kualitas terbaik. Sehingga, banyak konsumen yang merasa kebingungan untuk memilih layanan catering terbaik.

Wajar saja, salah memilih katering berakibat fatal. Bisa saja acara kita akan hancur berantakan dan membuat para undangan merasa kecewa dengan rasa hidangan.

Jika anda sedang mencari layanan catering terbaik, maka artikel ini ini akan sangat membantu anda untuk memilih layanan katering terbaik dan berkualitas.

Pada artikel ini kami akan sharing 7 kriteria atau karakteristik bisnis jasa katering terbaik.

7 Tips Memilih Catering

Artikel ini sangat kami rekomendasikan untuk dibaca oleh anda yang sedang mencari tempat memesan makanan dan minuman. Dan juga sangat cocok dibaca oleh anak kos yang sedang mencari katering harian atau rantangan.

Memiliki Rasa yang Enak

Cara pertama untuk menyeleksi catering terbaik adalah dengan mencicipi rasa makanannya. Jika ternyata rasanya pas di lidah, maka langsung saja dimasukkan ke dalam daftar pilih.

Sebaliknya, Jika rasanya tidak sesuai dengan selera anda maka abaikan saja layanan katering tersebut.

Logikanya seperti ini: kemungkinan besar tamu yang anda undang pasti memiliki rasa dan selera yang sama. Maka jika anda puas dengan rasanya, pasti kamu Anda juga akan merasa puas.

Baca Juga :  6 Aplikasi Edit Foto Trippy Terbaik

Proses penyeleksian penyedia katering dapat anda survei langsung dari berbagai acara yang anda hadiri. Contohnya, Anda menghadiri upacara cara ulang tahun sahabat anda. Di sana, anda coba mencicipi dan merasa kualitas dan rasa.

Jika cocok, anda ada dapat meminta kartu nama penyedia katering tersebut. Atau Anda minta nomor penyedia katering yang dapat Anda hubungi.

Ada satu cara lagi yang paling mudah. Anda memesan makanan untuk acara Anda dari restoran atau warung yang menjadi favorit anda.

Kelebihannya adalah rasa yang ada di sebuah restoran, biasanya selalu stabil. Sebab, menu tersebut dimasak oleh koki berpengalaman dan dilakukan secara rutin tiap hari.

Direkomendasikan oleh Banyak Orang

Penyedia katering terbaik, salah satu tandanya adalah banyak direkomendasikan oleh orang lain. Tentunya, rasa, harga dan pelayanannya adalah menjadi tolak ukur Kebanyakan orang.

Cara mengetahui penyedia katering banyak direkomendasikan atau tidak, salah satunya adalah bertanya kepada pelanggan Setia dan kepada orang yang pernah memesan di sana.

Ada cara lain juga yaitu dengan mencari di internet atau media sosial. Anda hanya perlu mengetik nama perusahaan katering dan kota perusahaan katering tersebut.

Di sana anda dapat melacak bagaimana tanggapan orang yang pernah memesan di perusahaan tersebut. Jika ternyata, banyak komentar negatif maka silakan Anda untuk mencari perusahaan katering lain.

Sudah Lama Beroperasi dan Terkenal

Biasanya, bisnis katering yang sudah lama berdiri dan terkenal, memiliki rasa yang memuaskan. Meskipun tidak kita pungkiri bahwa banyak perusahaan katering yang baru berdiri juga memiliki kualitas yang baik dan dikelola secara profesional.

Tetapi, dari segi pengalaman, tentunya perusahaan yang yang telah lama berdiri pasti punya nilai lebih. Jika sekiranya terjadi sebuah masalah, biasanya perusahaan yang telah lama berdiri akan mampu merespon dan bertanggung jawab.

Baca Juga :  belajar bahasa arab dasar untuk pemula

Contohnya seperti tamu undangan yang menghadiri acara anda ternyata melebihi dari target. Jika perusahaan katering yang Anda pilih adalah perusahaan baru, pasti akan timbul masalah saat Anda perlu memesan menu tambahan secara tiba-tiba.

Sebaliknya, perusahaan yang telah lama berdiri pastinya sudah memiliki plan B dan plan C untuk mengantisipasi permasalahan yang akan muncul.

Layanannya Bagus dan Memuaskan

Ada empat kriteria layanan yang memuaskan, yaitu:

  • Kecepatan
  • Ketepatan
  • Keramahan
  • Kenyamanan

Empat hal di atas adalah kriteria yang diharapkan oleh para pelanggan dari penyedia layanan catering.

Anda dapat menguji, Apakah layanan katering yang ingin anda pilih tersebut sudah memiliki empat kriteria atau belum.

Coba anda telepon, WA atau datang ke kantor. Saat berkomunikasi, Anda dapat berpura-pura menjadi pelanggan yang cerewet dan banyak tanya.

Jika ternyata, pihak penyedia katering melayani anda dengan penuh senyuman dan bahasa yang sopan, maka perusahaan tersebut dapat Anda masukkan ke dalam salah satu target perusahaan yang akan Anda pilih.

Begitu juga sebaliknya, jika anda mendapatkan pelayanan yang kurang memuaskan maka coret saja perusahaan tersebut dari list daftar perusahaan katering yang akan Anda pilih.

Berani Memberi Jaminan dan Kompensasi

Anda harus tegas dalam masalah jaminan dan kompensasi. Anda wajib memilih perusahaan yang berani memberikan jaminan dan kompensasi.

Jika tidak sesuai dengan promosi dan perjanjian, maka ada garansi yang akan anda dapatkan. Misalnya seperti tidak perlu bayar jika tidak tepat waktu. Atau uang anda kembali jika rasa yang ditawarkan tidak sesuai.

Anda juga harus fokus pada jaminan dan kompensasi atas permasalahan yang diakibatkan oleh menu makanan. Contohnya, keracunan tamu undangan. Perusahaan harus memberikan jaminan dan menanggung biaya perobatan, jika hal tersebut terjadi.

Baca Juga :  Fungsi Dan Cara Menggunakan Silica Gel

Jika ada perusahaan yang berani memberikan jaminan seperti itu, maka anda tidak perlu ragu untuk memilihnya sebagai penyedia catering.

Logikanya, perusahaan yang mau memberikan jaminan seperti itu, pasti akan berusaha menyediakan menu terbaik. Mereka tidak mau perusahaan akan rugi karena kecerobohan. Dan efeknya, para pelanggan setia mereka akan berpaling pada perusahaan lain.

Memiliki Beragam Variasi Menu

Salah satu kriteria penting saat anda ingin memilih perusahaan catering adalah variasi menu. Anda harus memilih perusahaan yang memiliki beragam variasi menu.

Hal ini sangat penting untuk reputasi anda dan juga kepuasan tamu anda. Pastikan perusahaan anda mampu memberikan layanan variasi menu sesuai dengan kebutuhan anda.

Jika tamu anda dari berbagai daerah, maka perusahaan harus mampu menyajikan menu daerah seperti rendang, chapcai, kuah pliek dan lain sebagainya.

Menggunakan Bahan Berkualitas Sesuai dengan Standar Kesehatan

Pastikan bahwa perusahaan pilihan anda menyajikan makanan bergizi dan berstandar sehat menurut medis. Anda harus mengecek terlebih dahulu tentang bahan dan alat masak, apakah bergizi, hiegenis dan bersih?

Anda jangan sungkan untuk meminta izin melihat dapur dan cara proses menu makanan. Tampilan furnitur dapur yang bersih dan menarik, dapat dijadikan satu alasan untuk memilih perusahaan tersebut.

Tapi, jika terlihat kurang bersih maka kami sarankan agar anda memantau perusahaan lain saja. Dapur yang kotor akan menghasilkan makanan yang kotor juga.

Demikian saja 7 karakteristik bisnis jasa katering berkualitas yang dapat anda jadikan panduan. Tentunya, anda jangan terlalu mengharap harga terlalu murah jika ingin mendapatkan kualitas terbaik.

Semoga bermanfaat dan terima kasih

Lihat Semuanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker