Aswaja

Imam Asyari Dan Ahlussunah wal Jamaah

Ust SalamuddinImam Asyari Dan Ahlussunah wal Jamaah

Imam Asyari Dan Ahlussunah wal Jamaah
Imam Asyari Dan Ahlussunah wal Jamaah

Aswaja adalah singkatan dari Ahlussunnah Wal Jamaah. Setiap kelompok mengklaim dan menganggap dirinya sebagai Ahlussunnah.

Pada artikel ini kami akan menulis tentang siapa Ahlus Sunnah Wal Jamaah sejati? dan Kenapa Imam Asyari disebut sebagai tokoh Ahlus Sunnah wal Jamaah?

Definisi Aswaja

Ahlussunnah Wal Jamaah adalah golongan mayoritas umat Nabi Muhammad. Mereka adalah para sahabat dan orang-orang yang mengikuti mereka dalam dasar-dasar aqidah.

Nabi pernah bersabda bahwa barangsiapa yang menginginkan tempat lapang di surga hendaklah berpegang teguh pada Al jamaah.

من اراد بحبوحة الجنة فليلزم الجماعة

Imam Al Hakim menjelaskan bahwa Hadis tersebut berstatus Sahih. Sementara Imam Turmuzi menjelaskan bahwa hadis tersebut statusnya Hasan Sahih.

Kata Al jamaah dalam Hadits maksudnya adalah berpegang teguh pada aqidah jamaah.

Setelah tahun 260 Hijriah, tersebarlah pemikiran pemikiran sesat dari berbagai kelompok seperti mu’tazilah dan musyabbihah.

Imam Asyari Tokoh Aswaja

Lalu muncullah sosok Abu Hasan al-asy’ari (w 324 H) dan Abu Hasan Al maturidi (w 333 H) memberikan keterangan yang sesuai dengan akidah yang diyakini oleh para sahabat nabi.

Abu Hasan Al Asy’ari dan Abu Hasan Al maturidi datang dengan membawa dalil-dalil dari Alquran dan hadis serta dalil aqli atau logika.

Selain itu, kedua beliau ini membantah, menolak dan membungkan setiap argumen yang dipaparkan oleh aliran sesat juga menggunakan dalil Alquran hadits dan argumen rasional.

Oleh sebab itu, istilah Ahlussunnah Wal Jamaah dinisbatkan kepada kedua beliau tersebut. Dalam sebuah kaedah yang cukup populer yaitu itu apa Bila disebut kata ahlussunnah Waljamaah maka maksudnya adalah Al ASy’ari dan maturidi.

Baca Juga :  Jenis Jenis Bid'ah Menurut Para Ulama

Dalam Kitab Al-Ittihaf Juzuk 2, Imam Az Zabidi menulis sebuah kaedah tersebut dengan cukup jelas:

اذا اطلق اهل السنة و الجماعة فالمراد به الأشعري و الماتوردي

Ahlussunnah Wal Jamaah adalah golongan mayoritas umat Islam. Di dalamnya terdapat pengikut madzhab Syafi’i Hanafi, Hambali, ulama hadis, Sufi dan Jutaan umat Islam lainnya.

Rasulullah pernah bersabda bahwa mayoritas umat nya tidak akan sesat dan alangkah beruntungnya orang yang senantiasa mengikuti mereka.

Lihat video penjelasan Syekh Ali Jumah dibawah ini:

Lihat Semuanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker