Kumpulan Doa Doa

Mengenal Keutamaan Sholawat Thibbil Qulub

Ahmad Alfajri Mengenal Keutamaan Sholawat Thibbil Qulub

Mengenal Keutamaan Sholawat Thibbil Qulub
Mengenal Keutamaan Sholawat Thibbil Qulub

Islam adalah agama yang sangat memperhatikan kemaslahatan umat. Bahkan, salah satu unsur dari tujuan syariat dan sebuah hukum adalah untuk menjaga keselamatan umat.

Islam mengajarkan umat untuk hidup sehat bersih dan higienis. Kebersihan dalam Islam dianggap sebagai setengah dari keimanan.

Dan jika pun ada umat yang yang terkena penyakit, Islam juga memberikan beberapa redaksi doa di samping berobat ke ahlinya.

Dalam hal ini Islam mengajarkan umat untuk berikhtiar segenap kekuatan. Berikhtiar secara Zahir dengan berobat kepada dokter. Dan berobat secara batin yaitu berdoa kepada Allah sang pencipta penyakit.

Ada beberapa redaksi doa yang di anjurkan untuk dibaca oleh umat. Jika dibaca, maka akan dijauhkan dari berbagai virus, akan disembuhkan dari berbagai penyakit dan akan dijauhkan dari segala musibah dan malapetaka.

Pada artikel kali ini saya ingin mencari sebuah doa atau sholawat yang dengan izin Allah dapat menjauhkan musibah bala dan berbagai penyakit. Sholawat tersebut disebut dengan sholawat tibbil Qulub.

Redaksi lafadz sholawat tibbil Qulub

Berikut ini adalah teks solawat Thibbil Qulub

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا . وَعَافِيَةِ اْلأَبْدَانِ وَشِفَائِهَا . وَنُوْرِ اْلأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا . وَقُوْتِ اْلأَرْوَاحِ وَغِذَائِهَا . وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Artinya “”Ya Allah curahkanlah rahmat kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW, sebagai obat hati dan penyembuhnya, penyehat badan dan kesembuhannya dan sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya dan merupakan makanan pokok jasmani maupun rohani, Semoga sholawat dan salam tercurahkan pula kepada keluarga serta para shahabat-shahabatnya.””

Teks Latin

Allohumma Sholli ‘Alaa Sayyidina Muhammad, Thibbil Qulubi Wa Dawaa’ihaa, Wa’afiyatil Abdaani Wa Syifaa’ihaa, Wa Nurril Abshori Wa Dhiyaa’ihaa, Wa Quutil Arwahi Wa Ghidaa’ihaa, Wa ‘Alaa Alihi Wa Shohbihi Wa Sallim”

Keutamaan Membaca Solawat Thibbil Qulub

Habib Quraisy baharun pernah menjelaskan bahwa sholawat tibbil Qulub sering juga dengar disebut dengan sholawat Syifa (sholawat penyembuh).

Sholawat tibbil Qulub sering digunakan sebagai wasilah penyembuhan terhadap sebuah penyakit.

Dari namanya saja, sudah diketahui manfaat dan kegunaan sholawat tibbil Qulub. Tibbil Qulub secara bahasa bermakna obat hati. Sedangkan sholawat Syifa bermakna doa-doa penyembuh.

Ada klaim dari beberapa pihak bahwa selawat tibbil Qulub ini jika dibaca maka dapat membawa kepada kesyirikan.

Sebenarnya hal tersebut bukanlah sebuah masalah besar sebab. Syirik atau tidak syiriknya sesuatu itu tergantung kepada keyakinan.

Jika yakin bahwa obat yang diberikan dokter adalah penyembuh maka itu termasuk Syirik. Jika yakin bahwa sholawat tibbil Qulub adalah yang memberikan kesembuhan maka itu termasuk Syirik.

Adapun jika diyakini bahwa obat dokter hanyalah wasilah dan allah-lah yang memberikan kesembuhan, Maka hal itu sesuai dengan syariat.

Jika diyakini bahwa sholawat tibbil Qulub hanyalah sebagai wasilah dan allah-lah yang memberikan kesembuhan; Maka hal itu juga sesuai dengan syariat.

Jadi, permasalahan Syirik itu bukan pada obat dan sholawat, tetapi pada keyakinan. Oleh sebab, itu seluruh umat Islam diwajibkan untuk mempelajari tauhid minimal kitab kifayatul Awam.

Faidah Membaca Solawat Thibbil Qulub

Ada beberapa faedah membaca sholawat tibbil Qulub yang sudah dibuktikan kemujaraban nya oleh banyak orang, diantaranya yaitu:

  • Menyembuhkan Sakit Perut

Caranya: bacalah sholawat tibbil Qulub sebanyak 7 Kali. Dan setiap selesai suatu bacaan tiupkan ke dalam gelas. Lalu air tersebut diminumkan kepada orang yang sakit. Atau bisa diusap langsung ke perut.

  • Tehindar dari rasa boring

caranya:

Bacalah sholawat tibbil Qulub sebanyak-banyaknya. Banyak ulama yang membaca sholawat tibbil Qulub menggunakan Irama yang merdu.

Jangankan membaca sholawat tibbil Qulub mendengar orang lain membacakannya saja, sudah membuat perasaan senang.

  • Menghindari dari berbagai macam penyakit

caranya: jadikanlah sholawat tibbil Qulub sebagai bacaan rutin di setiap salat fardhu 5 waktu

Demikian saja artikel singkat kami tentang sholawat tibbil Qulub dan khasiatnya. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tags
Lihat Semuanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker