Download Kitab

Mengenal Kitab Minhajut Thalibin Imam Nawawi

Ahmad AlfajriMengenal Kitab Minhajut Thalibin Imam Nawawi

Mengenal Kitab Minhajut Thalibin Imam Nawawi
Mengenal Kitab Minhajut Thalibin Imam Nawawi

Salah satu kitab fiqih paling fenomenal dalam Mazhab Syafi’i adalah kitab Minhajut Thalibin. Sebuah karya monumental dari seorang tokoh besar Mazhab Syafi’i yaitu Imam Nawawi.

Kitab minhajut tholibin adalah kitab yang sangat populer dan familiar di kalangan pelajar fiqih. Interaksi para pelajar maupun ulama dengan kitab minhajut thalibin sangat dekat dan lengket. Dan tidak sedikit para pelajar yang mampu menghafal kitab minhajut tholibin di luar kepala.

Kitab ini menjadi rujukan dalam setiap pembahasan dan kajian hukum fiqih. Bahkan di Dayah tempat kami mondok, salah satu syarat menjadi pimpinan Dayah adalah mampu mengajar salah satu kitab syarahan minhajut tholibin.

Kitab Syarahan Minhaj

Kitab minhajut tholibin merupakan kitab yang sangat penting dalam Mazhab Syafi’i untuk dikuasai. Hal ini terbukti bahwa terdapat 1000 kitab syarahan atas kitab minhajut tholibin, sebagaimana sudah dijelaskan oleh Ahmad Arrifai.

Adapun Abdullah al-habsyi dalam kitab Jami’ Asy-Syuruh Wa Al-Hawasyi menyebutkan bahwa kitab-kitab yang disusun dan berkaitan dengan minhajut tholibin mencapai lebih dari 300 kitab.

Berikut ini adalah beberapa kitab syarahan atas kitab minhajut tholibin yang populer di Indonesia yaitu:

  • Kanzu Ar-Roghibin karya Jalaluddin Al-Mahalli.

Dari kitab Kanzu Ar-Roghibin lahir 2 kitab syarahan lainnya yaitu Hasyiyah Qalyubi dan Hasyiyah ‘Amirah.

  • Fathu Al-Wahhab karya Zakariyya Al-Anshori.

Pada awalnya Syekh Zakariyya Al-Anshori menyusun kitab ringkasan dari minhajut tholibin dan diberi judul Manhaj Ath-Thullab. Kemudian beliau menyusun kitab syarahan dari kitab ringkasan tersebut dan diberi judul Fathul Wahhab. Dari kitab Fathul Wahab inilah lahir sebuah karya yang cukup populer di Indonesia yaitu kitab Bujairimi.

  • Tuhfatul Muhtaj karya Ibnu Hajar Al-Haitami
  • Mughni Al-Muhtaj karya Al-Khathib Asy-Syirbini
  • Nihayatul Muhtaj karya Ar-Ramli

Mendapat Perhatian Serius dari Ulama lain

Pertanyaan sekarang adalah: kenapa kitab minhajut tholibin karya Imam Nawawi mendapat perhatian penuh dari ulama ulama Mazhab Syafi’i lainnya?. Jawaban pastinya adalah karena kualitas isi kitab minhajut tholibin sangat berbobot

Baca Juga :  Terjemah Matan Aqidatul Awam Syeikh Marzuki

Selain kualitas isi kitab, nama besar Imam Nawawi juga punya andil besar sehingga kitab minhajut tholibin mendapat perhatian penuh dari ulama-ulama lainnya.

Dalam fiqih Syafi’iyah terdapat sebuah istilah yaitu Asy-Syaikhan (dua syaikh/guru). Kedua guru yang dimaksud adalah Imam Nawawi dan Imam Rofi’i. Gelar ini diberikan sebagai bentuk apresiasi para ulama atas jasa keduanya dalam melakukan Tahrir mazhab.

Jadi sangatlah wajar jika ada sebuah karya yang dihasilkan oleh imam nawawi dan Imam Rofi’i mendapatkan perhatian khusus dari ulama-ulama lain.

Hubungan Kitab Minhaj dan Kitab Muharrar

Perlu diketahui juga bahwa kitab minhajut tholibin ini adalah ringkasan dari kitab muharrar karya Imam Rofi’i. Dan kitab muharrar itu sendiri adalah karya ringkas dari hasil penelitian Imam Rofi’i saat melakukan pentahriran mazhab dari semua kitab-kitab Syafi’iyah yang sudah lahir sebelum imam Rofi’i.

Jadi, kitab muharrar adalah rangkuman atau saripati dari kitab Al-Umm, Al-Hujjah, Ar-Risalah, Muktashor Al-Muzani, Bahru Al-Madzhab, Nihayatu Al-Mathlab, Al-Hawi Al-Kabir, Al-Basith, Al-Wasith, Al-Wajiz, At-Tanbih, Al-Muhadzdzab, At-Ta’liqot dan lain sebagainya.

Kitab Al Muharrar karya Imam Rofi’i sebagai kitab saripati dan inti dari kitab-kitab sebelumnya, diolah dan dikemas kembali oleh Imam Nawawi dengan cita rasa yang lebih kental dan lebih terasa. Apalagi sudah ditambah oleh Imam Nawawi dengan bumbu-bumbu hasil ijtihad beliau sendiri.

Download Kitab Minhajut Thalibin

Judul : Minhajut Thalibin wa ‘Umdatul Muttaqin
Judul Arab : منهاج الطالبين وعمدة المتقين
Penulis : Yahya bin Syarf Nawawi Muhyiddin Abu Zakariya
Nama Arab : يحيى بن شرف النووي محي الدين أبو زكريا
Pentahqiq : Muhammad Muhammad Thahir Syakban
Penerbit : Darul Minhaj
Cetakan : 1
Tahun : –
Jilid : 1 Juzuk
Halaman : 712 Lembar
PDF : File
Ukuran : 11 MB

Download disini

Baca Juga :  Mengenal Buku Bencana-Bencana Besar Dalam Sejarah Islam
Lihat Semuanya

One Comment

  1. Assalamu’alaikum.. Semoga ust ynag memiliki akun ini senantiasa dalma lindungan Allah SWT..
    Selanjutnya.. Kiranya bisa. Saya ingin sekali memiliki tarjamahh minhajutolibin ini.. Karena keterbatasan saya dalam memahami kitab arabnya..
    Semoga berkenan.. Mengirimkan dalma bentuk pdf ke WA saya.. 087783226997..
    Semoga berkenan.. Dan terimakasih atas kesediaanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker