Download Kitab

Mengenal Kitab Tuhfah Karya Ibnu Hajar al Haitami

Ahmad AlfajriMengenal Kitab Tuhfah Karya Ibnu Hajar al Haitami

Mengenal Kitab Tuhfatul Muhtaj Karya Ibnu Hajar Al Haitami
Mengenal Kitab Tuhfatul Muhtaj Karya Ibnu Hajar Al Haitami

Kitab Tuhfah al Muhtaj bi Syarhi al Minhaj sering disebut dengan nama singkat yaitu Kitab Tuhfah. Kitab Tuhfah yang bergenre fikih ini adalah karya tulis Ibnu Hajar al Haitami. Beliau adalah salah seorang ulama besar dalam Mazhab Syafiiah abad ke 10.

Ibnu Hajar Al Haitami adalah satu dari empat tokoh utama dalam Mazhab Syafii. Jangan pernah ngaku Syafi’iyah jika keempat ulama tersebut belum kenal. Fase pertama ada dua tokoh yaitu Imam Rafi’i dan Imam Nawawi. Fase kedua muncul nama Imam Ramli dan Ibnu Hajar.

Profil Ibnu Hajar Al Haitami

Nama lengkap Ibnu Hajar adalah Ahmad bin Muhammad bin Ali bin Hajar Al Haitami. Ada beberapa laqab yang diberikan kepada Ibnu Hajar. Laqab al Salmunti merujuk pada tempat kediaman kakek beliau yaitu desa Salmunti.

Laqab al Haitami merujuk pada tempat kelahiran Ibnu Hajar yaitu di Mahallah Abu Haitam, Bagian Barat Mesir. Saat terjadi konflik, Kakek Ibnu Hajar pindah dari desa Salmunti ke wilayah barat Mesir. Dan disanalah Ibnu Hajar dilahirkan.

Laqab Al Haitami, Al Makki dan Al Anshari

Panggilan Ibnu Hajar itu sendiri merujuk pada nama buyut beliau yaitu Hajar al Haitami. Laqab lainnya yang disandangkan kepada beliau adalah al Makki karena Makkah adalah kota tempat beliau mentransfer ilmu dan disana juga beliau meninggal dunia.

Laqab Al Anshari merujuk pada garis nasab Ibnu Hajar yang merupakan golongan Anshar dari suku Bani Sa’ad. Mereka hijrah ke Mesir pada tahun pembebasan Kota Makkah (Fathu Makkah).

Beliau lahir di Mesir pada tahun 909 H dan Wafat pada tahun 974 H di Makkah.

Latar Belakang

Untuk mengenal lebih dekat Kitab Tuhfah, perlu lihat sedikit kebelakang. Adalah seorang ulama besar dari Suriah yaitu Imam Nawawi menyusun sebuah karya Fikih dalam bentuk Matan yaitu Kitab Minhaj al Thalibin dan lebih popular dengan sebutan Kitab Minhaj.

Kitab karangan Imam Nawawi ini adalah sebuah kitab matan yang paling banyak diulas oleh para ulama Syafi’iyah.

Nah, salah satu Kitab yang mengulas Minhaj al Thalibin adalah Kitab Tuhfah ini. Dan ternyata Kitab Tuhfah ini menjadi kitab paling popular dari semua kitab yang mengulas Minhaj al Thalibin. Kitab Tuhfah dalam literature mazhab Syafii termasuk dalam kategori kitab kelas tinggi.

Mengenal Kitab Tuhfah karya Ibnu Hajar al Haitami

Secara bahasa, Tuhfah bermakna persembahan. Dan kata Muhtaj bermakna orang yang membutuhkan. Dari namanya saja, sudah dapat dipahami kemana arah dan kepada siapa kitab ini ditujukan. Tentunya, kepada para pelajar yang selalu haus dan semangat dalam mencari Ilmu Fikih.

Ibnu Hajar menyusun Kitab Tuhfah dilatar belakangi hasrat beliau yang menggebu untuk berkhidmat pada kitab-kitab Imam Nawawi. Tepat pada tanggal 12 Muharram 958 H di Kota Makkah, Ibnu Hajar mulai menggapai hasrat beliau dengan menggarap sebuah karya tulis yaitu Kitab Tuhfah.

Selesai dalam masa 10 bulan

Amazing, beliau menyelesaikan penulisan Tuhfah hanya dalam masa 10 bulan saja. Beliau mulai pada tanggal 12 Muharram dan selesai pada tanggal 27 Zulqa’dah 958 H. Lebih menakjubkan lagi adalah ada juga informasi lain bahwa Kitab Tuhfah selesai disusun hanya dalam waktu 6 bulan, bukan 10 bulan.

Rujukan Penting

Pada periode selanjutnya, Kitab Tuhfah ini menjadi rujukan paling penting untuk memahami perbedaan pendapat dalam Mazhab Syafii. Setelah masa kehidupan Ibnu Hajar, umat Islam yang bermazhab Syafii tidak boleh langsung menganalisis perbedaan pendapat antara Imam Nawawi dan Imam Ramli.

Para pelajar harus terlebih dahulu mendalami dua Kitab terpenting yaitu Kitab Tuhfah karya Ibnu Hajar dan Kitab Nihayatul Muhtaj karya Imam Ramli. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas Kitab Tuhfah sangat tinggi dan bermutu. Analisis Semua perbedaan pendapat antara Imam Nawawi dan Imam rafi’I sudah ada dalam Kitab Tuhfah.

Antara Kitab Tuhfah dan Kitab Nihayah

Kita sudah tahu bahwa semenjak abad ke 10 hingga sekarang, ada dua rujukan terpenting dalam literature Mazhab Syafii yaitu Kitab Tuhfah dan Kitab nihayah. Lalu dimanakah letak perbedaan antara kedua Kitab tersebut?.

Kitab Tuhfah dikarang oleh Ibnu Hajar hanya dalam masa 10 bulan saja dan tidak sampai satu tahun. Dampaknya adalah bahasanya agak sulit dipahami dibandingkan dengan Kitab Nihayah.

Kelebihan dan Kekurangan

Adapun Kitab Nihayah selesai disusun oleh Imam Ramli dalam jangka 10 tahun. Otomatis, banyak waktu bagi pengarangnya untuk memperbaiki bahasa tulisan.

Kelebihan Kitab Tuhfah adalah dari segi kedalaman pembahasan, isi lebih padat, cara menyimpulkan argument dan juga ‘illah nya yang lebih mendetil. Adapun Kitab Nihayah dalam hal ini agak sedikit kurang dibandingkan Kitab Tuhfah.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa sebelum abad ke 10, rujukan utama para ulama Mazhab Syafii adalah Imam Nawawi dan Imam Rafii. Setelah abad ke 10, rujukan utama adalah Ibnu Hajar al Haitami dan Imam Ramli.

Jika ada pendapat yang berbeda dengan keduanya, maka dapat dipastikan pendapat tersebut tidak akan masuk dalam kategori pendapat muktamad.

Antara Ibnu Hajar dan Imam Ramli

Ulama Mutaakhirin di berbagai belahan dunia berbeda sikap tentang pendapat mana yang harus diikuti, jika ada perbedaan pandangan antara Imam Ramli dan Ibnu Hajar.

Ulama ulama yang hidup di daerah Makkah, HadhraMaut, Yaman dan Dagestan lebih memilih mengikuti Ibnu Hajar. Adapun ulama Syafiiah di wilayah Mesir lebih condong pada pendapat Imam Ramli. Bahkan, seperti ada kesepakatan yang tak tertulis bahwa ulama ulama Mesir harus mengikuti pendapat Imam Ramli.

Download Kitab Tuhfah al Muhtaj bi Syarhi al Minhaj

Demikian saja artikel singkat tentang Mengenal Kitab Tuhfah Karya Ibnu Hajar al Haitami. Jika ada tanggapan dan komentar silahkan ditulis pada kolom komentar. Disini kami sediakan juga link untuk download Kitab Tuhfatul Muhtaj Karya Ibnu Hajar al Haitami.

Download Disini

Tags
Lihat Semuanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker