Kajian Umum

10 Manfaat dan Keutamaan Sholat Tahajud

Ahmad Alfajri.com10 Manfaat dan Keutamaan Sholat Tahajud

10 Manfaat dan Keutamaan Sholat Tahajud
10 Manfaat dan Keutamaan Sholat Tahajud

Salah satu amalah yang banyak dilakukan oleh ummat muslim di dunia adalah sholat tahajud. Sholat tahajud sendiri merupakan sholat sunnah yang dikerjakan pada malam hari setelah bangun tidur dan sholat sunnah ini merupakan sholat sunnah yang ditekankan atau sunnah mu’akkad. Sholat sunnah ini dapat dikerjakan tanpa ada batasan dalam jumlah rakaatnya dengan jumlah minimal 2 rakaat.

Waktu paling mustajab untuk melaksanakan sholat sunnah sendiri adalah ketika sepertiga malam terakhir. Pada waktu itu adalah waktu dimana para malaikat yang turun ke bumi dan Allah SWT akan mengabulkan setiap doa hamba-Nya.

Tidak hanya doa yang akan dikabulkan, tetapi serentetan manfaat untuk kesehatan tubuh dan jiwa. Banyak orang mengatakan bahwa dengan sholat sunnah tahajud diyakini memberi ketenangan dan mendamaikan jiwa dan orang yang terbiasa untuk bangun untuk sholat di tengah malam dapat mengatur emosinya.

10 Manfaat dan Keutamaan Sholat Tahajud

Sebagai Penghapus Dosa dan Mencegah Berbuat Dosa

Seperti yang disampaikan di atas, sholat tahajud adalah ibadah yang biasa didirikan oleh orang-orang yang sholeh. Ibadah ini mendekatkan diri kepada Allah SWT yang maha pencipta segala sesuatu. Sholat tahajud dapat dibilang sebagai ibadah yang dapat menghapus dosa seseorang, besar maupun kecil, tidak sekedar menghapus dosa tetapi juga menjauhkan diri dosa.

Baca Juga :  Mengenal Indera Keenam Menurut Islam

Rasulullah SAW bersabda: “Hendaklah kalian sholat malam, karena sholat malam adalah kebiasaan yang dikerjakan orang-orang sholeh sebelum kalian, ia adalah ibadah yang mendekatkan diri kepada Rabb kalian, penghapus berbagai kesalahan dan pencegah perbuatan dosa.” (HR. Tirmidzi)

Tanda Taqwa Terlihat di Muka

Orang yang terbiasa melaksanakan sholat tahajud akan terlihat bersinar pada wajahnya. Inilah yang menjadi tanda bahwa seseorang yang bertaqwa kepada Allah SWT. Sholat tahajud akan menjadi penjaga iman yang selalu teguh beribadah kepada Allah SWT.

Abdullah bin Mas’ud berkata: “Sesungguhnya Allah tertawa kepada dua orang, seorang yang bangun meninggalkan kasur dan selimutnya di malam yang dingin, lalu ia berwudhu kemudian is sholat, maka Allah SWT berkata kepada para malaikat-Nya : “Apa yang mendorong hamba-Ku ini berbuat demikian? Mereka menuturkan : “(Karena) mengharapkan apa yang ada di sisi-Mu dan takut dari apa yang ada di sisi-Mu”, maka Allah-pun berkata : “Sesungguhnya Aku telah memberikan apa yang diharapkannya dan mengamankannya dari apa yang ditakutinya.” (HR. ath-Thabrani)

Sholat yang Paling Afdhol Setelah 5 Waktu

Sholat 5 waktu merupakan sholat yang wajib dikerjakan oleh seluruh ummat muslim di dunia. Tetapi sholat tahajud merupakan sholat yang paling afdhol setelah sholat 5 waktu. Allah SWT sangat menyukai ummat-Nya yang selalu mengingat-Nya dengan baik ketika senang maupun sedih.

Abu Hurairah R.A berkata, Nabi SAW bersabda: “Puasa yang paling afshol setelah puasa ramadhan adalah di bulan Muharram dan sholat yang paling afdhol setelah sholat wajib adalah sholat malam.” (HR. Muslim)

Meningkatkan Sistem Imun Pada Tubuh

Penemuan baru menyebutkan bahwa sholat tahajud dapat meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Bagi penderita kanker juga merasakan manfaat lainnya, yaitu dapat mengurangi rasa nyeri yang sering di derita. Hal ini juga dirasakan begitu banyak dalam gerakan-gerakan sholat.

Mendapatkan Cinta Allah SWT

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Tiga golongan yang Allah mencintai dan tertawa kepada mereka serta memberi mereka berita gembira; orang yang manakala ada sekelompok pasukan terbuka peluang perang, dia berperang di belakang barisan pasukan itu dengan dirinya karena Allah SWT, (dia diantara satu dari dua pilihan) terbunuh atau dimenengkan oleh Allah SWT dan dicukupinya, maka Dia berkata : “Lihatlah kepada hamba-Ku ini, bagaimana ia bersabar dengan dirinya karena Aku. Orang yang mempunyai isteri yang cantik dan kasur yang lembut lagi bagus, lalu dia bangun sholat di malam hari, maka Allah berkata : Dia meninggalkan syahwatnya dan mengingat Aku, sekiranya dia mau tentunya dia tidur dan orang yang mana bila dia berada dalam perjalanan bersama para musafir yang bergadang lalu tidur maka dia bangun sholat di akhir malam baik dalam kondisi tidak senang atau senang.” (HR. Thabrani)

Baca Juga :  Amalan di Bulan Muharram Tasu'a 'Asyura Ayyamul Bidh

Barangsiapa yang mau meninggalkan zona nyaman dan mau beribadah kepada Allah dengan mengharapkan ridho dan cinta Allah SWT, pastinya akan memutuskan untuk bersujud kepada-Nya setiap malam. Segala pengampunan doa diberikan kepada Allah SWT kepada orang-orang tersebut. Tentu saja Allah SWT mencintai kepada orang-orang yang tidak pernah putus ibadahnya hingga hari akhir nanti.

Mendapatkan keringanan Ketika Di Hisab

Bagi orang yang selalu beribadah kepada Allah SWT akan mendapatkan keringanan di hari akhir nanti. Setiap orang pasti memiliki catatan dosa dan pahala ketika di hari akhir. Bagi muslim yang taat, sholat tahajud merupakan media untuk mendapatkan keringanan yaitu ketika hari perhitungan nanti.

Sebagai jaminan Masuk Surga

Barangsiapa yang melakasanakan sholat tahajud, maka jaminan surga baginya. Rasulullah SAW bersabda: “Wahai manusia! Sebarkanlah salam, berilah makan dan sholatlah di malam hari ketika manusia sedang tidur lelap, niscaya kamu masuk surga dengan penuh kedamaian.” (HR. Ibnu Majah)

Ibadah yang Disaksikan

Ketika waktu malam datang, Allah SWT akan turun ke langit yang paling bawah dan melihat hamba-hambanya yang beribadah. Dari Amru bin Abasah R.A berkata: Aku berkata : Wahai Rasulullah, (bagian) dari malam manakah yang paling didengar (oleh Allah)? beliau bersabda : “Pertengahan malam yang terakhir, maka sholatlah sesukamu, karena sholat tersebut disaksikan dan dicatat hingga kamu sholat subuh.” (HR. Abu Dawud)

Orang yang Berniat Tetapi Tidak Bangun Pahalanya Setara dengan Tahajud

Jika sudah berniat untuk bangun sholat tahajud, namun karena terlalu kecapaian dan lainnya sehingga tidak dapat bangun, maka dicatat baginya pahala sholat malam. “Barang siapa mendatangi kasurnya dengan niat akan bangun untuk sholat di tengah malam, kemudian dia tertidur hingga pagi hari, niscaya dicatat baginya niatnya, dan tidurnya sebagai sedekah dari Rabb-nya.” (HSR Nasaa’i, Ibn Majah, Ibn Khuzaimah)

Mendapatkan Tempat yang Terpuji

Bagi orang-orang yang selalu beribadah kepada Allah SWT akan mendapatkan tempat yang terpuji kelak nanti di hari akhir. Allah berfirman SWT: “Dan pada sebagian malam bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al-Isra’:79)

Baca Juga :  Larangan Larangan Bagi Perempuan Yang Haid

Semoga dengan ini dapat menambah semangat dan pemahaman tentang keutamaan sholat tahajud dan bertambah giat dalam beribadah kepada Allah SWT. Semoga kita termasuk kedalam orang-orang yang sholeh dan istiqomah dalam beribadah.

Tags
Lihat Semuanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker