Kajian PuasaKajian Umum

Keutamaan Shalat Tarawih Sesuai Sunnah

Ahmad AlfajriKeutamaan Shalat Tarawih Sesuai Sunnah

Keutamaan Shalat Tarawih Sesuai Sunnah
Keutamaan Shalat Tarawih Sesuai Sunnah

Salah satu ibadah spesial yang ada di dalam bulan Ramadan adalah shalat tarawih. Shalat tarawih ini dilaksanakan setelah mengerjakan shalat Isya.

Perlu diketahui bahwa ibadah shalat tarawih ini memiliki Fadhilah, keutamaan dan pahala yang luar biasa.

Dalam kitab kifayatul Akhyar, Imam taqiyuddin Al Hisni menjelaskan bahwa kesunahan shalat tarawih adalah ijmak atau kesepakatan seluruh ulama.

Keutamaan shalat tarawih sesuai dengan sunnah

Dalam hadis nabi, terdapat beberapa periwayatan yang menjelaskan tentang keutamaan sholat tarawih. Berikut ini adalah keutamaan sholat tarawih yang terdapat dalam sunnah nabi.

Diampunkan dosa yang telah lalu

Abu Hurairah meriwayatkan sebuah hadis dari Nabi tentang keutamaan shalat tarawih, yaitu:

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Barangsiapa ibadah (tarawih) di bulan Ramadhan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau

Lafaz, “Qama Ramadhan” dalam hadis di atas menurut para ulama diartikan sebagai shalat tarawih. Artinya, Siapa saja yang melaksanakan ibadah sholat tarawih dengan penuh keimanan dan keikhlasan pasti akan diampunkan dosa-dosa yang pernah dilakukan.

Syekh Khatib syarbini dalam kitab mughnil muhtaj sudah menjelaskan tentang hal tersebut:

وَقَدْ اتَّفَقُوا عَلَى سُنِّيَّتِهَا وَعَلَى أَنَّهَا الْمُرَادُ مِنْ قَوْلِهِ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – «مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَمَا تَأَخَّرَ» رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ وَقَوْلُهُ: إيمَانًا: أَيْ تَصْدِيقًا بِأَنَّهُ حَقٌّ مُعْتَقِدًا فَضِيلَتَهُ، وَاحْتِسَابًا: أَيْ إخْلَاصًا، 

Ulama sepakat atas kesunnahan tarawih dan sesungguhnya tarawih adalah shalat yang dikehendaki dalam hadits Nabi, Barang siapa ibadah (tarawih) di bulan Ramadhan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau. Hadits diriwayatkan al-Bukhari. Adapun sabda Nabi “imanan”, maksudnya adalah membenarkan bahwa yang demikian itu haq seraya meyakini keutamaannya. Sabda Nabi “wahtisaban”, maksudnya ikhlas

Baca Juga :  Segudang Dalil Perayaan Maulid Nabi

Mendapatkan Lailatul Qadar

Lailatul Qadar adalah sebuah malam yang keutamaannya melebihi daripada 1000 Bulan. Lailatul qadar hanya terdapat dalam bulan Ramadhan. Menurut para ulama, malam Lailatul Qadar biasanya jatuh pada 10 malam terakhir Ramadhan.

Menghidupkan malam dengan melaksanakan shalat tarawih, terutama di malam Malam Terakhir Ramadhan maka akan mendapatkan keutamaan malam Lailatul Qadar. Ibadah yang dilakukannya bernilai lebih dari ibadah 1000 Bulan.

Bukan hanya itu saja, melaksanakan ibadah tarawih di malam Lailatul Qadar maka akan diampuni dosa-dosa yang pernah dilakukan. Imam Bukhari dan imam muslim meriwayatkan sebuah hadits yang berbunyi:

مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Barangsiapa ibadah (tarawih) di malam Lailatul Qadar seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau

Demikian saja artikel kami tentang keutamaan shalat tarawih sesuai dengan sunnah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Lihat Semuanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker