Kajian Umum

Mengenal Keutamaan Alquran Dibanding Kitab Lain

Ahmad AlfajriMengenal Keutamaan Alquran Dibanding Kitab Lain 

Mengenal Keutamaan Alquran Dibanding Kitab Lain
Mengenal Keutamaan Alquran Dibanding Kitab Lain

Alquran adalah kitab suci yang diturunkan kepada Nabi Muhammad melalui perantaraan Jibril secara berangsur-angsur.

Alquran sebagai Wahyu berbeda dengan Hadits Nabawi dan juga Hadits Qudsi. Meskipun ketiganya sama-sama Wahyu, tetapi ada beberapa perbedaan

Diantara perbedaan tersebut yaitu Bahwa membaca Alquran akan diberi ganjaran pahala, meskipun tidak diketahui artinya. Hal ini berbeda dengan hadits Nabawi dan juga Hadits Qudsi.

Membaca hadits Nabawi dan Hadits Qudsi, haruslah diiringi dengan memahami makna. Tanpa mengetahui makna maka membacanya tidak memperoleh pahala.

Pada artikel kali ini kami ingin mencari men-sharing beberapa keistimewaan kitab suci Alquran yang perlu dan penting untuk diketahui oleh umat Islam.

Keistimewaan Alquran

Jika ingin menulis semua tentang keistimewaan Alquran pastilah tidak pernah akan habis.

Sebab, Allah sendiri telah menyatakan dalam Alquran bahwa sekiranya seluruh air lautan dijadikan sebagai tinta untuk menulis wahyu Allah pasti tidak pernah akan habis.

Berikut ini adalah beberapa keistimewaan penting Al-Quran yang harus diketahui oleh umat, yaitu:

Keotentikan Alquran tetap terjaga

Alquran adalah mukjizat terbesar Nabi Muhammad. Tentunya, yang namanya mukjizat pasti akan terjaga keotentikannya.

Hal ini berbeda dengan kitab suci lainnya yang diturunkan kepada nabi nabi sebelum Nabi Muhammad. Meskipun kitab suci tersebut adalah wahyu, tetapi tidak berfungsi sebagai mukjizat.

Oleh sebab itu, banyak ditemukan dalam kitab suci lain selain Alquran pentahrifan, penambahan dan juga pengurangan dari isi aslinya.

Alquran sebagai mukjizat, keotentikan nya tetap terjaga. Alquran yang dibaca oleh para sahabat nabi sama persis dengan Alquran yang dibaca oleh umat Islam abad modern.

Dalam Alquran Allah sendiri yang menegaskan tentang keotentikan Alquran dalam surat Al Hijr ayat 9:

(إِنَّا نَحۡنُ نَزَّلۡنَا ٱلذِّكۡرَ وَإِنَّا لَهُۥ لَحَـٰفِظُونَ)

Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Al-Qur’an, dan pasti Kami (pula) yang memeliharanya.

Tidak ada kontradiksi

Tidak ada satupun kontradiksi perintah dan larangan yang ada dalam Alquran. Sebab perintah dan larangan tersebut adalah langsung dari Allah.

Memang, ada beberapa hal yang terlihat kontradiksi dalam kacamata Orang yang tidak memiliki ilmu Balaghah.

Sebenarnya ayat-ayat tersebut Bukankah kontradiksi, tetapi ilmu manusia dalam memahami Alquran itu belum cukup dari standarnya.

Contohnya, Allah melarang mendekati zina. Sedangkan Dalam surat Fushhilat ayat 40, Allah berfirman:

ٱعۡمَلُوا۟ مَا شِئۡتُمۡ إِنَّهُۥ بِمَا تَعۡمَلُونَ بَصِیرٌ

Lakukanlah apa yang kamu kehendaki! Sungguh, Dia Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.

Perintah untuk melakukan apa yang dikehendaki pada ayat di atas dalam ilmu Balaghah bermakna larangan. Artinya, larangan melakukan sesuatu yang telah dilarang. Perintah pada ayat tersebut bermakna larangan.

Mudah Untuk Dihafal

Alquran satu-satunya kitab suci yang dihafal oleh umatnya. Dan yang paling menarik adalah Alquran sudah dihafal oleh anak-anak yang belum mencapai usia baligh.

Bahkan banyak ulama-ulama sudah menghafal Alquran saat mereka masih berusia 7 tahun.

Kemudahan untuk menghafal Alquran, sudah dinyatakan langsung oleh Allah dalam Alquran Surat Al Qamar ayat 32:

(وَلَقَدۡ یَسَّرۡنَا ٱلۡقُرۡءَانَ لِلذِّكۡرِ فَهَلۡ مِن مُّدَّكِرࣲ)

Dan sungguh, telah Kami mudahkan Al-Qur’an untuk peringatan, maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran?

Alquran tidak ada tandingan

Alquran diturunkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad dalam bahasa Arab. Saat Alquran diturunkan, bangsa Arab saat itu sedang berada di Puncak kegemilangan dalam bidang ilmu sastra.

Orang kafir yang tidak mempercayai Alquran mengklaim bahwa Alquran tersebut adalah ucapan Muhammad atau syair.

Alquran sendiri membantah klaim dari orang-orang musyrik tersebut. Alquran menyatakan bahwa Alquran bukanlah ucapan Muhammad, Alquran bukanlah syair, Alquran bukanlah mantra, Alquran adalah Firman Allah.

Sebagai bukti bahwa Alquran adalah Firman, Allah menantang orang-orang kafir untuk membuat sebuah karya yang dapat menyamai dengan Alquran.

Semenjak Alquran diturunkan hingga abad modern sekarang, tidak ada seorangpun yang mampu menjawab tantangan tersebut dan membuat tandingan al-quran.

Dalam Alquran surat Yunus ayat 38, Allah menantang orang-orang musyrik:

(أَمۡ یَقُولُونَ ٱفۡتَرَىٰهُۖ قُلۡ فَأۡتُوا۟ بِسُورَةࣲ مِّثۡلِهِۦ وَٱدۡعُوا۟ مَنِ ٱسۡتَطَعۡتُم مِّن دُونِ ٱللَّهِ إِن كُنتُمۡ صَـٰدِقِینَ)

Apakah pantas mereka mengatakan dia (Muhammad) yang telah membuat-buatnya? Katakanlah, “Buatlah sebuah surah yang semisal dengan surah (Al-Qur’an), dan ajaklah siapa saja di antara kamu orang yang mampu (membuatnya) selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar.”

Membacanya diberi pahala

Tidak semua umat mengerti bahasa Arab. Sedangkan Alquran diturunkan dalam bahasa Arab.

Meskipun Alquran dibaca oleh orang yang tidak mengerti bahasa Arab dan tidak mengerti tafsir dari pada Alquran, tetapi pahala tetap diberikan kepada orang yang membacanya.

Pahala yang diberikan pun sangat luar biasa. Patokannya bukan hanya satu ayat, 1 surat dan 1 juz. Pahala yang diberikan patokannya adalah per huruf.

Contohnya, kita membaca basmalah maka pahala yang diberikan bukan hanya satu. Tetapi pahala akan diberikan sebanyak 19 sesuai dengan jumlah huruf yang ada dalam basmalah.

Imam Bukhari meriwayatkan sebuah hadits:

مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لاَ أَقُولُ الم حَرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ

Barangsiapa yang membaca satu huruf dari al-Qur’an maka baginya satu kebaikan dan setiap kebaikan dilipatgandakan menjadi sepuluh kali lipat. Saya tidak mengatakan الــم ialah satu huruf, akan tetapi ا satu huruf, ل satu huruf dan م satu huruf.

Demikian saja artikel singkat tentang beberapa keistimewaan Alquran yang perlu diketahui oleh umat. Semoga bermanfaat dan Terima Kasih.

Tags
Lihat Semuanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker