Download Kitab

Mengenal Kitab Fiqh Sunnah Sayyid Sabiq

Ahmad AlfajriMengenal Kitab Fiqh Sunnah Sayyid Sabiq

Mengenal Kitab Fiqh Sunnah Sayyid Sabiq
Mengenal Kitab Fiqh Sunnah Sayyid Sabiq

Pengarang Kitab Fiqh Sunnah adalah Sayyid Sabiq Muhammad At- Tihamiy. Beliau lahir di desa Istanha, distrik Al-Baghur, propinsi Al- Manufiah, Mesir pada tahun 1915 M (sekitar 60 km dari utara Kairo). Beliau adalah ilmuwan kontemporer Mesir yang punya reputasi internasional dalam bidang fiqh dan dakwah Islam.

Ayahanda beliau bernama Sabiq Muhammad At-Tihamiy. Dan ibunda beliau bernama Husna Ali. At-Tihamiy itu sendiri menunjukkan daerah asal ayahanda Sayid Sabiq yaitu Tihamah (dataran rendah semenanjung Arabia bagian barat). Dari segi nasab, Sabiq Muhammad adalah keuturunan Usman bin Affan.

Mayoritas warga desa Istanha tempat Sayyid Sabiq dilahirkan, menganut madzhab Syafii. Keluarga Sayyid Sabiq sendiri adalah pengamal mazhab Syafii.

Pendidikan Sayyid Sabiq

Sama seperti anak-anak lainnya, Sayyid Sabiq menempuh pendidikan dini nya di Kuttab. Kuttab adalah tempat belajar pertama tajwid, tulis, baca, dan hafal Al-Qur’an. Usia 11 tahun, Sayyid Sabiq sudah mengkhatamkan hafalan Al Quran 30 Juz.

Lalu beliau melanjutkan pendidikan di Al Azhar, Cairo. Disini beliau menamatkan seluruh jenjang keilmuan mulai dari tingkat takhassus (kejuruan) hingga S-3.

Di Al-Azhar, Sayyid Sabiq memilih Mazhab Hanafi sebagai mazhab pembelajaran. Ada beberapa faktor saat itu banyak mahasiswa yang memilih mazhab Hanafi. Salah satunya adalah faktor beasiswa, dimana Kerajaan Turki Usmani saat itu banyak membuka beasiswa bagi pelajar Mazhab Hanafi.

Guru Guru Sayyid Sabiq

Sebagai pelajar Al Azhar, beliau berguru pada guru guru besar Al-Azhar seperti Syekh Mahmud Syaltut dan Syekh Tahir Ad-Dinari. Dan salah seorang guru yang sangat berpengaruh dalam membentuk karakter berfikir Sayid Sabiq adalah Syekh Mahmud Khattab.

Syekh Mahmud Khattab ini pendiri Al-Jam’iyyah Asy-Syar’iyyah Li Al-‘amilin Fi Al-Kitab Wa As-Sunnah (perhimpunan syariat bagi pengamal Al-Qur’an dan sunah Nabi). Organisasi ini punya misi dakwah kembali pada Al Quran dan Hadis tanpa perlu terikat dengan Mazhab apapun.

Dan pada perkembangan selanjutnya, Sayyid Sabiq diangkat menjadi tokoh penting dalam organisasi Al-Jam’iyyah Asy-Syar’iyyah Li Al-‘amilin Fi Al-Kitab Wa As-Sunnah. Organisasi ini beliau kembangkan juga di Desa Istanha tempat beliau dilahirkan.

Mengenal Kitab Fiqh Sunnah Sayyid Sabiq

Sayyid Sabiq adalah salah seorang ilmuwan yang produktif. Salah satu karya monumental beliau adalah Fiqh Sunnah. Kitab ini sudah dicetak dan diterjemahkan kedalan berbagai Bahasa dunia, termasuk Bahasa Indonesia.

Fiqh Sunnah adalah karya tulis pertama Sayyid Sabiq. Kitab ini mulai disusun pada tahun 1940. Syekh Yusuf Qardhawi menyebutkan bahwa penulisan Fiqh Sunnah yang dilakukan Sayyid Sabiq menghabiskan waktu hingga 20 tahun.

Setelah diterbitkan, Buku Fiqh Sunnah mendapatkan kontroversi luar biasa dari ulama ulama dunia. Ada yang mendukung, ada yang mengkritisinya habis habisan dan ada juga yang menolak keberadaan Kitab Fiqh Sunnah.

Menurut sebagian ulama yang menolak, Kitab Fiqh Sunnah dianggap sebagai kitab Fiqh perbandingan yang keblablasan. Banyak unsur yang seharusnya ada dalam Kitab Fiqh bergenre perbandingan, tapi tidak ada dalam Fiqh Sunnah. Hal inilah yang membuat Fiqh Sunnah dianggap terlalu bebas dan bahaya jika dikonsumsi oleh masyarakat awam.

Download Kitab Fiqh Sunnah

Name : Fiqih al-Sunnah
Author : Sayyid Sabiq
File : PDF
Size : 29.7 MB [Full]
Pages : —
Publish : Fifth
Year : 1971
Publisher : Dar al-Fikr – Beirut – Lebanon

Download Disini

Tags
Lihat Semuanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker