Kajian Umum

Doa Agar Terhindar Dari Orang Zalim

SalamuddinDoa Agar Terhindar Dari Orang Zalim

doa untuk orang zalim
doa untuk orang zalim

Perbuatan aniaya dalam sudut pandang Islam termasuk dalam kategori zalim. Perbuatan zalim adalah perbuatan yang paling dibenci oleh Allah.

Secara istilah zalim adalah sebuah perbuatan mencelakakan orang lain dengan cara cara yang tidak sesuai dengan tuntunan syariat.

Zalim juga sering diartikan meletakkan sesuatu itu bukan pada tempatnya. Melakukan sesuatu itu yang tidak sesuai penempatannya sesuai syariat berarti juga termasuk kezaliman.

Teraniaya adalah sebuah hal yang berat untuk dirasakan. Oleh sebab itu, perbanyakkan doa mohon perlindungan dari orang zalim kepada Allah.

Pengertian Zalim

Perbuatan zalim jika ingin di Sebutkan satu persatu contohnya maka akan lah sangat banyak. Adapun beberapa contoh perbuatan zalim adalah seperti mengumbar aib orang lain, memfitnah orang lain dan juga menjelekkan orang lain.

Perbuatan zalim tidak hanya berkaitan dengan orang lain. Kadang-kadang perbuatan zalim juga berkaitan dengan diri sendiri. Dan tentunya, setiap perbuatan zalim secara umum pastilah sangat dibenci oleh Allah.

Perbuatan zalim di dalam Alquran adalah sebuah perbuatan yang terlarang. Sangat banyak ayat-ayat dalam alquran yang menegaskan larangan melakukan kezaliman.

Dalam surat Asyura ayat 42, Allah berfirman:

إِنَّمَا ٱلسَّبِیلُ عَلَى ٱلَّذِینَ یَظۡلِمُونَ ٱلنَّاسَ وَیَبۡغُونَ فِی ٱلۡأَرۡضِ بِغَیۡرِ ٱلۡحَقِّۚ أُو۟لَـٰۤىِٕكَ لَهُمۡ عَذَابٌ أَلِیمࣱ

Sesungguhnya kesalahan hanya ada pada orang-orang yang berbuat zhalim kepada manusia dan melampaui batas di bumi tanpa (mengindahkan) kebenaran. Mereka itu mendapat siksa yang pedih.

Contoh Praktik Kezaliman

Beberapa contoh berikut ini adalah contoh real yang sering kita lihat terjadi di kalangan masyarakat:

Baca Juga :  Mengenal Biografi Abu Bakar Assidiq

  • Nafkah yang diberikan oleh seorang ayah kepada keluarganya bersumber dari harta yang haram.
  • Seorang ibu yang tidak memberikan perhatian terhadap perkembangan pendidikan agama anaknya.
  • Menceritakan dan memviralkan aib orang lain
  • Menulis status di media sosial yang berisi Fitnah kepada seseorang yang, institusi maupun kelompok

Setiap perbuatan zalim tersebut pasti akan dimintai pertanggungjawaban kelak di Hari akhirat. Karena Allah pernah berfirman dalam Alquran:

وَمَن یَعۡمَلۡ مِثۡقَالَ ذَرَّةࣲ شَرࣰّا یَرَهُۥ

dan barangsiapa mengerjakan kejahatan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.

Setiap perbuatan zalim pasti akan mendapatkan balasan orang zalim di dunia dan di akhirat.

Larangan melakukan kezaliman

Allah melarang perbuatan zalim dalam banyak ayatnya dalam Alquran. Setiap perbuatan zalim pasti akan tercatat dan akan dimintai pertanggungjawaban. Tidak ada satupun kezaliman yang luput dalam ilmu Allah.

Dalam surat Ibrahim ayat 42 Allah berfirman:

وَلَا تَحۡسَبَنَّ ٱللَّهَ غَـٰفِلًا عَمَّا یَعۡمَلُ ٱلظَّـٰلِمُونَۚ إِنَّمَا یُؤَخِّرُهُمۡ لِیَوۡمࣲ تَشۡخَصُ فِیهِ ٱلۡأَبۡصَـٰرُ

Dan janganlah engkau mengira, bahwa Allah lengah dari apa yang diperbuat oleh orang yang zhalim. Sesungguhnya Allah menangguhkan mereka sampai hari yang pada waktu itu mata (mereka) terbelalak,

Pada ayat tersebut Allah menegaskan bahwa tidak ada satupun kezaliman yang luput dan lengah dari pantauan Allah.

Doa orang teraniaya

Banyak ayat dalam Alquran dan sabda Nabi yang menerangkan kemustajaban doa orang-orang yang sedang teraniaya.

Misalnya ada orang yang berbuat zalim kepada kita dan kita memanjatkan doa untuk orang yang zalim kepada kita maka doa itu akan segera terkabul.

Sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, nabi bersabda:

Takutlah kepada doa kaum yang teraniaya, sebab tidak ada hijab antaranya dengan Allah (untuk mengabulkannya)

Baca Juga :  Bahaya Dan Cara Menghindari Hubbud Dunya

Dalam Alquran surat An-Namlu 62, Allah menegaskan akan menerima doa orang yang terzalimi

أَمَّنْ يُجِيبُ الْمُضْطَرَّ إِذَا دَعَاهُ وَيَكْشِفُ السُّوءَ وَيَجْعَلُكُمْ خُلَفَاءَ الأرْضِ أَإِلَهٌ مَعَ اللَّهِ قَلِيلا مَا تَذَكَّرُونَ

“Atau siapakah yang memperkenankan (do’a) orang yang dalam kesulitan, apabila ia berdo’a kepada-Nya, dan yang menghilangkan kesusahan, dan yang menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah di bumi?. Apakah di samping Allah ada ilah (yang lain)?. Amat sedikitlah kamu mengingat-ingat(-Nya)

Penutup

Adapun redaksi doa orang yang terzalimi tidak disebutkan secara langsung. Sebab doa orang terzalimi pasti akan berbeda sebab berbedanya kezaliman yang dialami.

Tapi yang pastinya adalah setiap doa untuk orang zalim oleh orang yang teraniaya pastilah akan dikabulkan. Dan doa tersebut bisa saja dibacakan dalam segala bahasa.

Meskipun demikian, janganlah digunakan kesempatan saat terzalimi untuk memanjatkan doa agar orang yang zalim kena musibah. Sabar dan memaafkan itu lebih indah.

Demikian lah artikel kami tentang Doa Agar Terhindar Dari Orang Zalim. Semoga bermanfaat dan Terima Kasih.

Lihat Semuanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker