kesehatan

Meneladani pola hidup sehat ala rasulullah

Ahmad AlfajriMeneladani pola hidup sehat ala rasulullah 

Meneladani pola hidup sehat ala rasulullah
Meneladani pola hidup sehat ala rasulullah

Gaya hidup yang sehat merupakan impian bagi setiap orang, tetapi itu cukup sulit untuk dipraktekkan pada zaman sekarang. Pasalnya orang-orang zaman sekarang sudah terlalu sibuk dengan pekerjaannya masing- masing, sehingga melupakan kesehatan tubuhnya sendiri.

Sebenarnya gaya hidup sehat merupakan hal yang mudah jika mau. Dengan mengetahui langkah-langkah yang harus dilakukan, maka hidup sehat bukanlah sekedar omong kosong belaka, tetapi itu menjadi bagian yang paling penting dari kehidupan.

Mungkin dalam pikiran kita hidup sehat itu seperti dengan makan-makanan yang sehat, rutin untuk berolahraga dan juga tidak merokok. Ya memang yang disebutkan barusan memang merupakan faktor agar hidup sehat. Tetapi bukan itu saja, sebab masih ada beberapa lagi yang menjadi faktor dari hidup sehat.

Cara Menjalani Pola Hidup Sehat

Selalu Aktif

Dalam berbagai aktifitas yang dijalani, usahakan jangan terlalu sering untuk duduk terlalu lama, baik itu ketika menonton acara televisi ataupun di depan komputer. Kurangilah untuk duduk terlalu lama dan mulailah menggerak-gerakkan badan agar tubuh menjadi aktif dan tidak kaku.

Matahari Pagi Baik Untuk Kesehatan

Sinar Matahari pada pagi hari sangat baik kesehatan tubuh. Karena dengan terpaparnya tubuh oleh sinar matahari maka tbuh akan terpacu untuk memproduksi vitamin D. Manfaat vitamin D adalah merupakan penangkal penyakit jantung serta aneka jenis kanker dan juga mencegah pengkeroposan tulang pada waktu muda.

Perbanyak Konsumsi Sayuran dan Buah-Buahan

Memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran merupakan faktor yang baik untuk tubuh. dalam setiap jenis buah-buahan dan sayuran terdapat vitamin dan zat-zat yang menyehatkan dan mempertahankan sistem kekebalan tubuh.

Rajin Berolahraga

Rutin berolahraga merupakan salah satu faktor yang menjadikan badan lebih sehat dan lebih fit setiap harinya. Untuk berolahraga dapat menyisihkan waktunya untuk berolahraga ketika pagi ataupun sore hari. Misalkan Luangkanlah waktu sekitar 15 menit sampai 1 jam untuk berlari hingga keringat keluar, rasakan dari manfaat lari.

Jangan Merokok

Rokok merupakan gaya hidup yang salah dipahami oleh anak muda sekarang. Mereka tidak paham akan bahaya merokok bagi anak pelajar dan anak muda zaman sekarang. Jika ingin menelusuri, rokok merupakan salah satu senjata pembunuh massal yang paling dinikmati dan sangat merugikan bagi tubuh manusia.

Seringlah Untuk Tersenyum

Mulailah hari-hari dengan tersenyum dan tawa (tetapi jangan berlebihan). Karena manfaat tersenyum maupun tertawa berdampak sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta kesehatan tubuh. Tersenyum dan tertawa dapat diawali ketika bertemu dengan anak, teman, sahabat dan masyarakat sekitar.

Batasi Makan Makanan Siap Saji

Usahakan untuk membatasi makan makanan yang siap saji atau bahkan tidak sama sekali merupakan cara yang terbaik untuk menjaga kesehatan. Cukuplah menikmati makanan dari masakan sendiri, tentu saja ketika memasak pasti akan memilih makanan apa yang pantas untuk dimakan dan tidak.

Cukupilah Jatah Tidur

Jangan tidur terlalu malam, normalnya orang tidur adalah 8-9 jam, tetapi jika karena banyaknya aktifitas maka tidur selama 6 jam merupakan sudah batas maksimal untuk menjaga kesehatan. Pasalnya jika terlalu sering tidur terlalu malam akan berakibat insomnia atau susah tidur dan itu tidak baik untuk kesehatan.

Pola Hidup Sehat ala Rasulullah SAW

Siapa yang tidak mengenal nabi terakhir ummat islam, tentunya beliau adalah Nabi Muhammad SAW atau yang biasa disebut dengan Rasulullah SAW. Ternyata Rasulullah SAW telah mengajari seluruh ummatnya tentang bagaimana cara mengatur pola hidup yang sehat.

Selalu Bangun Sebelum Shubuh

bangun sebelum shubuh merupakan pola hidup sehat ala Rasulullah SAW

Rasulullah SAW sering mengajak ummatnya untuk bangun sebelum shubuh, yang kemudian melaksanakan sholat sunnah fajar dan kemudian melaksanakan sholat shubuh berjamaah. Manfaat dari bangun sebeum shubuh ialah:

  • Berlimpah pahala dari Allah SWT.
  • Kesegaran udara ketika shuuh yang baik untuk kesehatan.
  • Memperkuat pikiran dan menyehatkan perasaan.

Aktif Menjaga Kebersihan

Rasulullah SAW selalu berpakaian bersih dan rapi, setiap hari kamis atau jum’at beliau mencuci rambut halus yang ada di pipi, selalu memotong kukunya, bersisir dan menggunakan minyak wangi. (Mandi pada hari Jum’at adalah wajib bagi setiap orang dewasa, demikian pula menggosok gigi dan memakai harum-haruman. (H.R Muslim)

Membatasi Apa yang Di Makan

Rasulullah SAW bersabda: “Kami adalah kaum yang tidak makan sebelum lapar dan kami makan tidak terlalu banyak (tidak sampai kekenyangan)” (Mutafaqqun ‘Alaihi)

Gemar Berjalan Kaki

Rasulullah SAW selalu berjalan kaki kemana saja, mulai dari ke masjid, pasar, medan pertempuran jihad, bersilaturrahmi kepada sahabat-sahabatnya dan sebagainya. Dengan berjalan kaki maka tubuh akan aktif bergerak dan keringatpun akan keluar dengan sendiri. Berjalan merupakan olahraga paling ringan dan bermanfaat.

Tidak Pemarah

Rasulullah SAW pernah bersabda: “Jangan marah” diulangi hingga 3 kali. Hal ini menunjukkan bahwa hakikat kesehatan bukanlah pada tubuh yang sehat tetapi pada kebersihan dan kesucian pada hati. Terapi agar dapat menahan amarah:

  • Mengubah posisi ketika marah, seperti ketika berdiri duduklah. Hal ini akan meredam amarah.
  • Membaca Ta’awudz, memohon perlindungan dari Allah, karena amarah nafsu berasal dari godaan setan.
  • Segeralah berwudhu, agar tubuh dan hati menjadi bersih.
  • Sholat 2 rakaat agar hati menjadi tenang.

Selalu Optimis dan Tidak Pernah Berputus Asa

Sikap optimis akan memberikan dampak positif bagi psikologi dan kelapangan jiwa dan raga. Serta tetap sabar dan istiqomah dalam bekerja keras dalam kebaikan dan tetap bertawakkal kepada Allah SWT.

Tidak Pernah Iri Hati

Untuk menjaga stabilitas kesehatan pada hati, hindarilah rasa iri. Karean iri merupakan penyakit hati.

Semoga dengan ini kita dapat mencontoh Rasulullah sebagai panutan dalam menjaga kesehatan. Hidup sehat berawal dari pikiran dan akal yang sehat. Jernihkan hati terlebih dahulu maka pikiran juga akan sehat dan jernih.

Tags
Lihat Semuanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker