Download Kitab

Mengenal Kitab Tafsir Jalalain Karya Imam Jalaluddin

Ahmad AlfajriMengenal Kitab Tafsir Jalalain Karya Imam Jalaluddin

Mengenal Kitab Tafsir Jalalain Karya Imam Jalaluddin
Mengenal Kitab Tafsir Jalalain Karya Imam Jalaluddin

Tafsir al-Jalalain adalah sebuah Kitab yang ditulis oleh dua Imam yang sangat Jalal (tinggi) yaiti Jalaluddin al-Mahalli dan Jalaluddin al-Sayuti. Tafsir Jalalain merupakan salah satu Kitab Tafsir Al-Qur’an paling terkenal dari aspek Ijaz dan Ikhtisar (singkat).

Imam Jalaluddin Al-Mahhalli mulai menyusun Tafsir dari Surat Al-Kahfi hingga ke Surat Al-Nas. Lalu beliau menafsirkan surat Al-Fatihah, setelah itu beliau meninggal dunia pada tahun 846 H.

Penafsiran ini dilanjutkan oleh seorang murid beliau yaitu Imam Jalaluddin Sayuti. Imam Jalaluddin Sayuti menafsirkan Surat Al-Baqarah hingga Surat Al-Isra. Dan jadilah Kitab tersebut sempurna 30 juzuk pada tahun 870 H. Sebab itulah, kitab ini disebut sebagai Tafsir Jalalain karena disusun oleh dua Imam Jalal.

Metode Penulisan

Metode penulis yang digunakan dalam tafsir ini yaitu menjelaskan makna yang dituju oleh sebuah lafaz dalam Al Quran dan pemahaman yang terkandung dalam ayat. Dari sana, penulis akan mengungkapkan pendapat yang terkuat dalam penafsiran tentang sebuah ayat.

Dalam hal I’rab, penulis juga menjelaskan sekedar keperluan saja. Tidak bertele tele dan tidak terlalu luas tetapi mengena dan tepat sasaran. Tujuannya agar tidak keluar dari topik penafsiran.

Penulis juga menyebutkan Qiraah yang masyhur dalam sebuah ayat. Diungkapkan secara sederhana, jelas dan mudah dipahami. Sedangkan Qiraah yang Syaz (jarang) yang terlalu lemah, penulis tidak menyebutkan sama sekali.

Kitab Tafsir ini merupakan salah satu Kitab terpenting dalam dunia Tafsir. Hal ini ditandai dengan banyaknya minat para ulama untuk membuat kitab Syarahan dan juga Ta’liqat (komentar komentar) penting dan kemudian dicetak bersama dengan Kitab Tafsir Jalalain.

Masuk Ke Percetakan

Sejumlah percetakan awal dunia, sudah mulai menerbitkan Tafsir Jalalain, seperti cetakan Bulaq pada tahun 1280 H. Cetakan ini dicetak ulang pada tahun 1298 H. Kitab ini juga dicetak di Kairo pada percetakan Al Bahiyyah pada tahun 1302 H. Dan dicetak juga pada percetakan Maimumiyah di Mesir pada tahun 1312 H.

Download Tafsir Jalalain dan Terjemahan

Disini kami sediakan link untuk mendownload Kitab Tafsir Jalalain dan Terjemah Kitab Tafsir Jalalain dalam Bahasa Indonesia. Jika ada link yang rusak, silahkan dikonfirmasikan pada kolom komentar. Terima Kasih dan semoga bermanfaat.

Download Disini

Tags
Lihat Semuanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker